Nasional

Mahasiswa Menolak Berbagai RUU Bukan Menunda

Mahasiswa demo DPR tolak RUU. (Ist)

Kerincitime.co.id, Jakarta – Demonstrasi mahasiswa di DPR yang menolak sejumlah Rancangan Undang-Undang (RUU) dinilai tak relevan lagi oleh Menko Polhukam Wiranto. Ketua DPR Bambang Soesatyo juga menyatakan tuntutan mahasiswa sudah terpenuhi karena pengesahan sejumlah RUU sudah ditunda. Namun mahasiswa tidak puas.

“Kita menolak pengesahan berbagai RUU itu, bukan menunda. Kita tunggu kepastiannya,” kata Presiden Mahasiswa Universitas Trisakti, Dinno Ardiansyah, kepada wartawan, Brito.id media partner Kerincitime.co.id Rabu (25/9/2019).

Ada dua poin utama tuntutan mahasiswa demonstran dari berbagai universitas ini. Dino menjelaskan, pertama, menolak DPR menghasilkan produk undang-undang sampai selesai periode, khususnya yang bermasalah. Kedua, menolak UU KPK bagaimanapun caranya.

Baca juga:  Bus China TransJakarta Sudah Siap Kembali Mengaspal

RUU yang ditolak adalah RUU KUHP, RUU Pertanahan, RUU Pemasyarakatan, RUU Minerba, dan RUU Ketenagakerjaan. Istilah ‘penundaan’ dikhawatirkan mahasiswa mengandung ketidakpastian, yakni DPR bisa mengesahkannya di ujung periode sebelum berakhir pada Oktober nanti. Maka mahasiswa mengawal melalui demonstrasi supaya RUU-RUU itu tak disahkan.

“Karena kalimat yang ada yakni menunda, menunda pengesahan RUU. Menunda di sini multitafsir apakah sampai periode selanjutnya ataukah sampai hari ini saja, misalnya dua hari lagi disahkan. Jadi kita tetap mengawal. Kalaupun memang sudah ada statement ‘tidak dibahas di periode ini’, baru kita selesai,” kata Dinno.

Ketua Dewan Mahasiswa (Dema) UIN Jakarta, Sultan Rivand, juga mengemukakan hal serupa. Dia tidak puas dengan kata penundaan.

Baca juga:  Total Tersangka Bom Bunuh Diri Medan Bertambah jadi 23 Orang

“Apakah RUU itu sekadar ditunda atau dibatalkan? Itu poinnya. Kalau ditunda, artinya tetap bisa disahkan,” kata Sultan dihubungi terpisah. “Pernyataan Wiranto sangat tidak relevan,” ujarnya. (Irw)

 

Tags

Related Articles

Berikan Komentar Anda :

avatar
  
smilegrinwinkmrgreenneutraltwistedarrowshockunamusedcooleviloopsrazzrollcryeeklolmadsadexclamationquestionideahmmbegwhewchucklesillyenvyshutmouth
  Subscribe  
Notify of
Back to top button

Dapatkan Berita Update "KERINCI TIME" Terbaru Setiap Harinya

Close
Close