HOT NEWSKerinciSungai Penuh

Muklis : Galian C Ilegal Akan Ditindak Tegas

Muklis : Galian C Ilegal Akan Ditindak Tegas

Kerincitime.co.id, Kerinci – Aktivitas dan lokasi penambangan bahan galian C di Kabupaten Kerinci disinyalir marak dan pihak terkait sejauh ini belum melakukan tindakan. Menurut Safri, warga Siulak, lokasi penambangan bahan galian C di wilayah Siulak Deras yakni di Sungai Tuak cukup banyak.

Hanya saja menurutnya, dilakukan secara ilegal. Bahkan menurutnya, aktivitas tersebut dilakukan dengan skala besar. Di mana penambangan tersebut menggunakan alat berat dan kendaraan dump truk dalam jumlah banyak untuk mengangkut material tersebut.

“Kalau sudah menggunakan alat berat dan truk dalam jumlah banyak berarti sudah melibatkan perusahaan tertentu, namun apakah sudah memiliki izin resmi dan membayar pajak itu yang mesti jelas” ujarnya.

Baca juga:  Bagun Jalan Nasional di Kerinci, Diduga PT. Aurora Gunakan Aggregat dan Bahan Illegal

Dia mengakui, potensi material khususnya di Sungai Tuak seperti batu dan pasir sangat banyak. Menurutnya, itu termasuk sumber daya alam yang harus dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat.

Jika pengambilan material tersebut dilakukan tanpa izin, itu merugikan negara khususnya masyarakat. “Kami selaku masyarakat mempertanyakan itu, kalau masyarakat yang turun langsung dikhawatirkan akan menimbulkan benturan” ucapnya.

Kepala Badan Perizinan Satu Pintu Muklis menegaskan bahwa pihaknya akan menindak tegas penambang galian C ilegal. “jika ada yang tidak berizin, kita akan tidak tegas sesuai dengan aturan yang berlaku” kata Muklis kepada Kerincitime.co.id.

informasi yang dihimpun kerincitime.co.id bahwa salah satu pemilik galian C di lokasi sungai tuak tersebut adalah keluarga dekat Bupati Kerinci Adirozal yakni pak can alias pak turip. “pak can alias pak turip itu keluarga adi rozal bupati kerinci saat ini, harusnya ia malu karena adirozalkan bupati kerinci, dan adirozal seharusnya menegur prilaku seperti itu” katanya.

Baca juga:  Giliran SMKN 5 Sungai Penuh Disorot Soal Dugaan Pungli

Direktur Eksekutif LSM Akbar John Afriza kepada kerincitime.co.id mengungkapkan bahwa ia sangat mengapresiasi upaya Kepala Badan Muklis untuk menindak tegas pelaku penambang galian C ilegal tersebut, dan itu harus dilakukan dengan tidak pandang bulu dalam memberantas aktivitas yang dinilai sangat merusak lingkungan ini, apakah dia adalah keluarga pejabat kerinci.

“kita dukung, tapi jangan takut walau itu adalah keluarga bupati, kita juga minta pihak polisi tidak segan-segan untuk menutupnya, jika terbukti itu melanggar aturan” tukasnya.(ton)

 

Related Articles

Berikan Komentar Anda :

avatar
  
smilegrinwinkmrgreenneutraltwistedarrowshockunamusedcooleviloopsrazzrollcryeeklolmadsadexclamationquestionideahmmbegwhewchucklesillyenvyshutmouth
  Subscribe  
Notify of
Back to top button

Dapatkan Berita Update "KERINCI TIME" Terbaru Setiap Harinya

Close
Close