Nasional

Pasien Covid-19 yang Dirawat di RSAM Bukittinggi Dinyatakan Sembuh

Kerincitime.co.id, Berita Bukit Tinggi –Kabar baik datang dari Bukittinggi, seorang pasien Covid-19 yang dirawat di RSAM Bukittinggi dinyatakan sembuh.

Pasien tersebut merupakan warga Kabupaten Tanah Datar, dirawat di RSAM Bukittinggi sejak 20 Maret lalu dalam kondisi demam dan sesak napas setelah pulang dari Jakarta.

Kabar kesembuhannya itu diketahui berdasarkan hasil tes swab tenggorokannya, yang dikeluarkan oleh Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand), dikutit dari laman Kabardaerah.com, Senin (6/4).

Direktur RSUD Achmad Mochtar, Khairul menyampaikan, bahwa pasien itu berinisial ITD (40), warga Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar.

“Hasil tes swab yang keluar hari ini merupakan hasil tes kedua. Hasil tes swab pertama, keluar tiga hari yang lalu dengan hasil negatif. Namun, hasil tes swab pertama itu belum boleh diumumkan karena hasilnya belum pasti akurat,” ujarnya.

Setelah dinyatakan sembuh, ITD dibolehkan pulang dan tidak diwajibkan untuk mengisolasi diri selama 14 hari.

Sambungnya, bahwa saat ini terdapat lima pasien positif Covid-19 yang dirawat di RSUD Achmad Mochtar.

Dalam merawat pasien, ia menuturkan, pihaknya melakukan pengobatan penyakit penyerta pasien jika ada dan memperkuat daya tahan tubuh pasien. “Kalau obat Covid-19 kan belum ada, jadi kita perkuat daya tahan tubuhnya dan mengobati penyakit yang menyertainya,” sebutnya.

Sementara itu Pejabat Pemberi Informasi Daerah Rumah Sakit Umum Pusat M. Djamil Padang, Gustavianof, menegaskan bahwa itu merupakan pasien Covid-19 yang pertama sembuh di Sumatra Barat. (Irw)

Tags
[nug_data_corona data="indonesia" provinsi="Jambi" style="card"]

Related Articles

Back to top button
>

Dapatkan Berita Update "KERINCI TIME" Terbaru Setiap Harinya

Close
Close