HOT NEWSNasional

Perairan Selat Sunda Diguncang Gempa Berkekuatan 5 SR

Kerincitime.co.id – Gempa bumi ber kekuatan 5,0 Skala Richter mengguncang perairan Selat Sunda , Sabtu (12/1/2019) pukul 19.04 WIB. Namun, gempa itu tak memicu tsunami.

“Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempa bumi ini berkekuatan magnitudo 5,0 SR yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi magnitudo 4.9,” kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Rahmat Triyono dalam keterangan resmi.

Dilansir dari laman Suara.com jaringan Serujambi.com (media partner Kerincitime.co.id), Rahmat menjelaskan, gempa bumi terletak pada koordinat 6,85 Lintang Selatan dan 104,24 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 158 kilometer arah selatan Kota Agung, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung pada kedalaman 53 kilometer.

Baca juga:  Indonesia Tambah Perolehan Medali Emas di SEA Games 2019

Baca Juga : https://kerincitime.co.id/pdam-tirta-sakti-berlakukan-pemutihan-denda-selama-tiga-bulan.html

Baca Juga : https://kerincitime.co.id/saat-membantu-persalinan-perawat-tarik-kepala-bayi-hingga-putus.html

Dia mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia, tepatnya di zona Megathrust.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan, gempa bumi ini dipicu oleh penyesaran naik (thrust fault).

Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Liwa dalam skala intensitas II – III MMI.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami,” ujarnya.

Hingga pukul 19.15 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

Baca juga:  Forbes Merilis 50 Orang Terkaya di Indonesia

Rahmat mengimbau, masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (bud)

 

Tags

Related Articles

Berikan Komentar Anda :

avatar
  
smilegrinwinkmrgreenneutraltwistedarrowshockunamusedcooleviloopsrazzrollcryeeklolmadsadexclamationquestionideahmmbegwhewchucklesillyenvyshutmouth
  Subscribe  
Notify of
Back to top button

Dapatkan Berita Update "KERINCI TIME" Terbaru Setiap Harinya

Close
Close