Perkembangan STAIN Kerinci dari masa kemasa

Kerincitime.co.id -,Sungai Penuh. Dari berbagai sumber dan hasil wawancara penulis  dengan sejumlah tokoh dan ulama di alam Kerinci menyimpukanbahwa perkembangan STAIN Kerinci  sejak beralih dari Fakultas Syariah IAIN STS Jambi Cabang Kerinci  cukup pesat.

STAIN KERINCI MENJADI IAIN KERINCI

Perkembangan STAIN dari masa kemasa

Fakta Sejarah mengemukakan bahwa pada tahun 1967, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama RI Nomor 84 tanggal 27 Juli 1967 tentang pendirian IAIN STS Jambi, dalam SK tersebut belum termasuk Fakultas Syariah Muhammadiyah Sungai Penuh, dan beberapa waktu kemudian berdasarkan SK Menteri Agama RI No 118 tahun 1967 tentang penegerian Fakultas Syari’ah Muhammadiyah Sungai Penuh menjadi Fakultas Syari’ah IAIN Sultan Thaha Jambi dan dalam SK tersebut telah di tunjuk KH.AR.Dayah sebagai Dekan, pada saat itu jumlah mahasiswa IAIN STS Jambi Cabang Kerinci berjumlah 70 orang dengan melaksanakan jenjang pendidikan Sarjana Muda dengan gelar  kelulusan BA dan masa kuliah aktif 3 tahun.

Pada awal penegeriannya tenaga pengajar/dosen dosen terdiri dari para Kiyai Sepuh yang sangat disegani dan di hormati masyarakat dan lingkungannya, secara bertahap mulai tahun 1969 sejumlah  dosen dosen  tetap (sarjana) mengabdikan  ilmunya di IAIN STS Jambi Cabang Kerinci. Diantara tokoh tokoh yang memperjuangkan pendirian Lembaga Pendidikan Agama Islam di alam Kerinci tercatat nama KH.Daud Qahiri, Bupati Kerinci, H.Ramli, Buya H.Samin Ali, dan Munir,BA.

Untuk tenaga pengajar/dosen terdapat Kiyai Sepuh antara lain KH.AR.Dayah, KH .Syarifuddin,DNB, KH.Djanan Thaib Bakri, KH.Adnan Thaib, KH.Nahri, KH.Fachruddin Samad, KH.Abdullah Ahmad, KH.Daud Qahiri,KH.Usman Jamal.

Dua tahun kemudian IAIN Kerinci mendapat dua orang Dosen yakni Drs.H.Aminullah Muhamad,dan Drs.H.Amiruddin Bakri, pada tahun tahun berikutnya IAIN mendapat tambahan dosen dosen baru yakni Drs. Mohd Said Ridwan. Drs.Mohd Djazi dan Drs.Hasan Badaruddin, dan setelah IAIN Cabang Kerinci  mengeluarkan alumni Sarjana Muda (BA) maka lulusan terbaik di rekrut menjadi asisten dosen.

Pada tahun 1982 Fakultas Syari’ah IAIN STS Jambi Cabang Kerinci dan Fakultas Fakultas di lingkungan IAIN STS Jambi ditingkatkan statusnya dari Fakultas Muda menjadi Fakultas Madya dan berhak serta diperkenankan menyelehnggarakan perkuliahan tingkat Doktoral sebagaimana tertuang di dalam Keputusan Menteri Agama RI Nomor 69 tahun 1982.

Dengan adanya perubahan status tersebut, maka mulai tahun 1982 Fakultas Syari’ah IAIN STS Jambi Cabang Kerinci berubah  menjadi Fakultas Syariah IAIN STS Jambi di Kerinci. yang merupakan salah satu Fakultas di luar induk dan berada di daerah. Dalam kurun waktu 1982-1989 Fakultas  Syari’ah IAIN STS di Kerinci melaksanakan pendidikan tingkat Doktoral, dengan masa kuliah  aktif 5 tahun, dan dengan gelar kelulusan Drs / Dra, Sedangkan tahun 1990  sampai dengan saat ini dilaksanakan program pendidikan akademik Strata I (SI) dengan gelar kelulusan S.Sy, dan S.PdI.

Sejak didirikan hingga pelaksanaan program tingkat Doktoral, karena keterbatasan dosen yang memenuhi kualifikasi ijazah, maka IAIN di Kerinci pada masa itu banyak memiliki dosen dosen tamu, diantaranya ialah Bapak  Prof. Syekh H. MO. Bafadhal, Prof.H.Z.Azuan,Drs.Yusuf Lubis, Drs.H.Adnan Rusli, Prof.Dr.H. Chatib Quzwein, dan dibantu dari sejumlah lembaga dan dinas instansi  yang ada di Kerinci.

Cacatan sejarah menyebutkan bahwa pada tanggal 25 Syafar 1418H/ tanggal 30 Juni 1997 Menteri Agama RI.dr.H.Tarmizi Taher meresmikan pendirian STAIN di seluruh Indonesia termasuk di Kerinci, Pada tanggal 1 Agustus 1997 diadakan serah terima alih status dari Rektor IAIN STS Jambi Prof.Dr.H.Sulaiman Abdullah kepada Pjs Ketua STAIN Kerinci Drs.Mohd. Ridwan, serah terima berlansung di auditorium STAIN Kerinci.

Dalam kurun waktu yang cukup panjang hingga saat ini STAIN Kerinci telah mengalami beberapa kali pergantian Pimpinan, tokoh tokoh yang pernah memimpin STAIN Kerinci ialah KH.AR.Dayah. Drs.Aminullah Muhammad. Drs. Mohd Said Ridwan, Dr. H. Ismail Thaliby, MA, Drs. H. Amiruddin Bakri, Dr. H. Dahlan,M.PdI. Prof.Dr.H.Yunasril Ali,MA dan Prof.Dr.H.Asafri  Jaya Bakri, MA. Dan  hingga tahun 2013 Ketua STAIN Kerinci dijabat  oleh Dr.Y.Sonafist,MA.

Sesuai dengan perkembangan dan tuntutan pendidikan, saat ini pihak STAIN Kerinci dengan dukungan Pemerintah Daerah dan ,masyarakat  luas tengah memperjuangkan alih status STAIN Kerinci menjadi Universitas Islam Negeri atau Minimal menjadi Institut Agama Islam Negeri.

Sampai tahun 2013, STAIN Kerinci ( Eka Putra,SH,M.PdI: Wawancara Sungai Penuh: 2:8:2013) memiliki 3 Jurusan yakni jurusan Syari;ah membawahi Prodi Ahwal Syaksyiah, Hukum Ekonomi Islam, ( Muamalah), Perbankkan Islam. Ekonomi Syariah, Ilmu Al Qur’an dan Tafsir,

Pada jurusan Tarbiyah terdapat Prodi Pendidikan Agama Islam, Management pendidikan Islam.Tadris Bilogi, Matematika, Bahasa Inggeris, Bahasa Arab, dan  mulai tahun  ajaran 2013 STAIN menambah / membuka jurusan dakwah dengan program studi Managemen dakwah, dan Bimbingan Konseling Islam

STAIN Kerinci saat ini memiliki 98 orang dosen dengan tingkat pendidikan Strata 2, Strata 3, beberapa diantaranya Guru Besar (Profesor) dan jumlah Mahasiswa 5000 orang mahasiswa dari berbagai jurusan. Memiliki 3 kampus di Koto Lolo, Sungai Liuk  dan Tanjung Pauh.(Budhi VJ Rio Temenggung dan Martono)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Berita Terkait By Google News

Apa Komentar Anda Tentang Artikel Ini?

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful