HukumKerinci

Polres Kerinci Turun ke Lokasi PETI Muara Emat, Ini Hasilnya

Kerincitime.co.id, Berita Kerinci – Operasi Terpadu Penambangan Emas Tanpa Izin ( PETI) di Aliran Sungai Penetai Desa Muara Hemat Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci, yang dilaksanakan Polres Kerinci, pada Senin (28/11/2022) yang lalu kembali bocor.

Dari hasil Operasi tim tidak menemukan alat berat (Excavator) yang bekerja di TKP, diduga alat berat telah meninggalkan lokasi yang diperkirakan pada Kamis 25 November 2022 yang lalu.

Dalam operasi Terpadu PETI di Sungai Penetai dipimpin langsung Kapolres Kerinci AKBP Patria Yuda Rahadian, S.I.K., M.I.K. yang didampingi Waka Polres Kerinci Kompol Samsul B Pinem, S. H., M.H. dan diikuti oleh seluruh Pers yang ditunjukkan dengan surat perintah.

Baca juga:  Cek Harga Resmi Vaksin Covid-19

Kapolres Kerinci AKBP Patria Yuda Rahadian, S.I.K., M.I.K. mengakui bahwa informasi operasi PETI di Sungai Penetai telah bocor sebelum operasi dilaksanakan.

“Dalam operasi kita berhasil mengamankan 4 ( empat) orang yang diduga Pelaku Tindak Pidana PETI,” ujarnya.

4 pelaku berhasil diamankan, diantaranya GR, (19) warga Kayu Aro Kecamatan Surantih, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat, PS, (20) warga Dusun Serpih Desa Muara Hemat Kecamtan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci. Kemudian DA, (35) warga dusun Serpih Desa Muara Hemat Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci dan AF, (17) warga Desa Perentak Kecamatan Pangkalan Jambu, Kabupaten Merangin.

AKBP Patria Yuda Rahadian menjelaskan untuk menuju lokasi tim berjalan kaki menempuh perjalanan selama kurang lebih12 jam dengan medan yang berbukit – bukit dan menembus hutan.

Baca juga:  5 Kalangan Perempuan yang Rentan Mengalami Migrain

“Medan yang dilalui menuju lokasi dikategorikan medan yang berat dan sulit dilalui. Kegiatan Operasi yang dilakukan membutuhkan waktu lebih kurang 3 (tiga) hari,” terangnya.

Kapolres Kerinci menyebutkan adapun barang bukti yang ditemukan di TKP berupa 4 mesin alat Dompeng, 2 buah Genset dilakukan pemusnahan di TKP karena sulitnya Medan serta 1 Gram Emas diamankan di Polres Kerinci.

“Empat orang pelaku saat ini diamankan di Polres Kerinci, untuk dimintai keterangan,” pungkasnya.

Pada saat operasi tim dibagi menjadi dua untuk tim pertama dimpimpin Kapolres Kerinci dengan penyisiran ke arah Hulu Sungai Penetai didampingi KBO Sat Intelkam, Kanit Tipikor dan Wadanki Kompi C Pelopor. Sedangkan tim kedua dipimpin Waka Polres Kerinci dengan menyisir ke arah Muara Sungai Penetai didampingi Kanit Pidum, Kanit Dalmas, dan Kasi Dokkes. (Ega)

Back to top button
>