Presiden Jokowi Serahkan Penghargaan Kalpataru 2015 untuk Kerinci

Presiden Jokowi didampingi Menteri LHK Siti Nurbaya berfoto bersama para pemenang penghargaan Kalpataru, di Istana Bogor, Jabar, Jumat (5/6).

Presiden Jokowi didampingi Menteri LHK Siti Nurbaya berfoto bersama para pemenang penghargaan Kalpataru, di Istana Bogor, Jabar, Jumat (5/6).

Berita KERINCI, Kerincitime.co.id – Setelah melewati proses penilaian yang cukup lama dan ketat, Kabupaten Kerinci akhirnya berhasil meraih penghargaan Kalpataru 2015 tingkat nasional.

Kerinci dinyatakan sebagai peringkat pertama dalam penilaian penghargaan Kalpataru 2015, Kategori Penyelamat Lingkungan. Penilaian katogori ini di Kerinci dipusatkan di kawasan hutan Lembaga Adat Lekuk 50 Tumbi, Lempur dari Desa Lempur Mudik, Kabupaten Kerinci.

Jumat (5/6) pagi sekitar pukul 09.00 WIB, penghargaan bagi daerah yang berprestasi di bidang lingkungan hidup ini diserahkan oleh Presiden RI, Joko Widodo kepada individu, kelompok dan daerah peraih penghargaan Kalpataru 2015 di halaman belakang Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Acara ini bertepatan dengan puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2015.

Penyerahan dari Kepala Negara tersebut diterima oleh Ketua Lembaga Adat Lekuk 50 Tumbi, Lempur, Kabupaten Kerinci, yang didampingi

Wakil Bupati Kerinci, Zainal Abidin, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Kerinci, dan Camat Gunung Raya.

Usai menyerahkan penghargaan, Presiden Jokowi menegaskan komitmen pemerintah untuk meningkatkan kualitas pengelolaan lingkungan hidup. Karena itu, ia meminta agar komitmen itu harus diikuti dengan langkah-langkah nyata di lapangan, baik dalam pengaturan tata ruang dan membenahi tata kelola pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA).

“Komitmen itu harus diikuti langkah tegas dalam pengawasan dan penegakan hukum terhadap tindak kejahatan lingkungan hidup. Harus tegas, jangan ragu-ragu,” kata Presiden Jokowi.

Presiden juga mengingatkan pentingnya pemantauan kualitas lingkungan dan pengendalian pencemaran, baik air, udara, maupun lahan dan lainnya. “Peningkatan kesadaran masyarakat juga penting untuk berperilaku ramah lingkungan,” tambah Presiden.

Menurut Kepala Negara, semua langkah itu memerlukan inisiatif, kolaborasi dan sinergi antar seluruh pemangku kepentingan, baik pemerintah masyarakat, dunia usaha dan organisasi masyarakat.

“Sinergi antara kita merupakan kunci dan sekaligus modal sosial dalam mewujudkan mimpi pembangunan yang berkelanjutan,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Kerinci, Zainal Abidin mengatakan, penghargaan yang didapat Kerinci ini merupakan sebuah prestasi yang luar biasa bagi Kerinci.

Selain itu, kata Zainal, penghargaan bergengsi ini juga merupakan bayaran atas jerih payah masyarakat wilayah Lembaga Adat Lekuk 50 Tumbi, Lempur, dan warga Kerinci secara umum yang telah pro aktif menjaga dan melestarikan lingkungan hidup di Bumi Sakti Alam Kerinci. (Advertorial)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Berita Terkait By Google News

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful