InternasionalOlahraga

Raih Poin Perdana di Moto3, Andi Gilang Cetak Sejarah buat RI

Kerincitime.co.id, Berita Olah Raga – Sirkuit Le Mans, Prancis, tampaknya akan menjadi tempat tak terlupakan bagi Andi Gilang. Betapa tidak, pebalap Indonesia itu mencatatkan poin perdananya di ajang Moto3.

Pebalap dengan nama lengkap Andi Farid Izdihar itu finis di posisi ke-15 dalam balapan yang berlangsung Minggu (16/5) kemaren sore WIB. Hasil itu pun membuat Andi berhak meraih 1 poin.

Raihan poin tersebut membuat Andi mencatatkan sejarah bagi Indonesia. Ia kini resmi menjadi pebalap pertama Indonesia dalam sejarah yang mampu merebut poin di Moto3.

Bagi Andi, pencapaian itu tentu saja spesial sekaligus melegakan. Pasalnya, pebalap asal Bulukumba, Sulawesi Selatan, ini sebelumnya gagal meraih poin satu pun saat 16 kali membalap di ajang Moto2 musim lalu.

Sebelum Andi, pebalap Indonesia yang mampu meraih poin dalam ajang Grand Prix adalah Doni Tata pada Moto2 Australia 2013. Doni Tata juga sempat turun di Moto3 pada musim 2005 dan 2006 serta dua kali tampil sebagai pembalap wild card di GP Malaysia.

Raihan poin perdana Andi juga terasa begitu dramatis menyusul insiden yang terjadi sebelum balapan. Pertama, Andi mengalami crash berbahaya pada sesi Free Practice 3 (FP3).

Ia terjatuh sendiri dari motornya di Tikungan 14, tubuhnya terlempar. Hal yang mengerikan adalah motornya yang tak terkendali hampir meniban dadanya, tetapi untung itu tak terjadi.

Setelahnya, Andi mampu mengikuti kualifikasi Moto3 Prancis. Itu menandakan bahwa fisiknya tidak mengalami masalah berarti usai insiden tersebut dan mengakhiri sesi di urutan 24.

Beberapa jam setelahnya, kabar buruk kedua datang. Jadi, sebelum insiden Andi terjatuh di sesi FP3 itu, ada dua pebalap lain yang mengalami crash terlebih dahulu, yakni Carlos Tatay di Tikungan 14 dan Pedro Acosta di Tikungan 4.

Alhasil, marshal kemudian mengibarkan yellow flag. Akan tetapi, Andi Gilang tak mengindahkannya dan itu dianggap melanggar aturan.

Dengan begitu, Andi Gilang dijatuhi penalti enam grid sehingga harus memulai balapan dari urutan ke-30. (Irw)

Sumber: Kumparan.com

 

Show More
Back to top button
>