Jambi

Ratusan Suku Anak Dalam Datangi Kantor Gubernur

kerincitime.co.id – JAMBI — Ratusan warga Suku Anak Dalam atau Suku Kubu dari Kabupaten Batanghari dan Muarojambi, mendatangi kantor Gubernur Jambi untuk menggelar aksi demo, Senin (21/10).

Seperti aksi sebelumnya, aksi demo kali ini juga terkait sengketa lahan antara warga Suku Anak Dalam (SAD) dengan PT Asiatic Persada yang tidak kunjung tuntas.

Andi Saputra, selaku koordinator aksi saat dikonfirmasi mengatakan mereka akan menduduki kantor Gubernur Jambi hingga permasalahan dengan PT Asiatic Persada tuntas.

Warga SAD menuntut agar Hak Guna Usaha (HGU) PT Asistic Persada dicabut karena telah mengkhianati kesepakatan yang pernah dibuat sebelumnya, yakni akan mengembalikan tanah adat SAD 113 sesuai peta mikro.

Baca juga:  Gaung Nama Cek Endra Berkibar di Arena Munas

“Dalam izin HGU PT Asiatic Persada disebutkan adanya lahan perladangan, pemukiman, belukar milik rakyat seluas 3.550 hektare. Namun kesepakatan itu tidak pernah direalisasikan,” kata Andi.

Hal senada dikatakan Kutar, Ketua Lembaga Adat SAD Bathin Bahar yang menyebutkan persoalan dengan PT Asiatic Persada sudah membuat masyarakat menderita.

“Kami tidak akan bergerak dari kantor Gubernur Jambi ini. Akan kami blokir sampai izin HGU PT Asiatic dicabut,” tegasnya.
Ada empat tuntutan yang disampaikan oleh warga SAD yang tergabung dalam Gerakan Nasional Pasal 33 UUD 1945 tersebut.

Pertama, mendukung Pemprov Jambi untuk segera mengeluarkan surat rekomendasi pencabutan izin HGU PT Asiatic/AMS.
Kedua, mencabut Izin Usaha Perkebunan (IUP) PT Asiatic Persada (AMS), PT Jamartulen, dan PT Maju Perkasa Sawit.

Baca juga:  Terbukti Beri Suap Ketuk Palu, Asiang Divonis 2 Tahun 6 Bulan

Ketiga, hentikan aktivitas dan mengusir PT Asiatic Persada (AMS), PT Jamartulen, dan PT Maju Perkasa Sawit.

Keempat, menuntut pengambilalihan (nasionalisasi) PT Asiatic Persada, PT Jamartulen, dan PT Maju Perkasa Sawit menjadi BUMD atau di bawah pengelolaan koperasi rakyat untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.
(antara)

Tags

Related Articles

Berikan Komentar Anda :

avatar
  
smilegrinwinkmrgreenneutraltwistedarrowshockunamusedcooleviloopsrazzrollcryeeklolmadsadexclamationquestionideahmmbegwhewchucklesillyenvyshutmouth
  Subscribe  
Notify of
Back to top button

Dapatkan Berita Update "KERINCI TIME" Terbaru Setiap Harinya

Close
Close