Serunya Jambore PNPM Mandiri Perdesaan Provinsi Jambi

kunjungan Dirjen PMD ke stand PNPM MAndiri Perdesaan

kunjungan Dirjen PMD ke stand PNPM MAndiri Perdesaan

BERITA JAMBI ,KERINCITIME.CO.ID ,- PNPM Mandiri Perdesaan Provinsi Jambi menggelar kegiatan Jambore yang betempat di Lapangan Garuda Kabupaten Batanghari, 23 – 25 September 2014. Kegiatan tahunan ini diikuti oleh pelaku PNPM Mandiri Perdesaan dari 9 kabupaten dalam Provinsi Jambi.

Sebanyak 877 orang pelaku PNPM Mandiri Perdesaan hadir dalam kegiatan itu. Rincian peserta terdiri dari 19 orang panitia dari provinsi, 45 orang Satker Kabupaten, konsultan dan supporting staff, RMC II Provinsi sebanyak 10 orang, Faskab 27 orang, PjO Kecamatan 94 orang, BKAD 94 orang, Pendamping Lokal Perguliran 24 orang, Pendamping Lokal 94 orang, UPK 282 orang, Setrawan Kecamatan Integrasi 19 orang, Setrawan Kabupaten 3 orang, dan Fasilitator Kecamatan dan Fasilitator Teknik Kecamatan sebanyak 166 orang.

Selain peserta yang sudah ditentukan tersebut, seluruh pelaku PNPM Mandiri Perdesaan di Kabupaten Batanghari turut terlibat baik sebagai peserta maupun sebagai panitia lokal yang membantu kelancaran kegiatan.

Berbeda dengan kegiatan serupa ditahun sebelumnya, selain kegiatan lomba stand terbaik, lomba foto, dan cerdas cermat, kali ini juga diiisi dengan sejumlah perlombaan hiburan yang bertujuan memberikan keceriaan serta menumbuhkan rasa kekeluargaan sesama pelaku. Kegiatan tambahan tersebut adalah lomba tarik tambang, lomba lari karung estafet, lomba masukkan paku ke dalam botol, serta pertandingan futsal.

Pada lomba stand terbaik, pelaku PNPM di 9 kabupaten berloba untuk menunjukkan kreativitas dalam menampilkan stand bernuansa kearifan lokal sehingga keunikan desain stand menggambarkan ciri khas masing-masing kabupaten.

Begitu juga halnya dengan isi serta informasi di dalam stand, setiap kabupaten menampilkan berbagai produk industri rumah tangga yang diolah oleh kelompok Simpan Pinjam khusus Perempuan (SPP) binaan mereka. Disisi informasi, tim kabupaten juga diwajibkan menampilkan informasi detail tentang pelaksanaan PNPM yang telah dilakukan.

Pelaksanaan stand pameran dibuka langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi Hj. Yusniana Hasan Basri dengan pengguntingan pita serta kunjungan ke stand PNPM Mandiri Perdesaan.

Pada lomba foto, masing-masing kabupaten mengirimkan tiga foto dengan kualifikasi berbeda. Masing-masing foto harus menggambarkan kegiatan infrastruktur, kegiatan dana bergulir, dan kegiatan penerapan prinsip PNPM Mandiri Perdesaan.

Sementara perlombaan cerdas cermat pertanyaan dewan juri berisikan pengetahuan peserta terhadap PNPM Mandiri Perdesaan serta adat istiadat Provinsi Jambi. Selain itu juga, para peserta juga diwajibkan memiliki kreativitas dalam bentuk yel-yel yang ditampilkan sebelum perlombaan dimulai.

 

Suasana heboh tampak pada pelaksanaan lomba cerdas cermat. Bahkan para pendukung dari masing-masing kabupaten juga meneriakkan yel-yel untuk memberikan semangat kepada utusan mereka yang tengah berlomba.

Hj. Yusniana Hasan Basri juga ikut menyaksikan perlombaan cerdas cermat yang diberi tema prestasi, keceriaan, kekeluargaan, dan kekompakan itu. Bahkan pihak panitia memberikan kesempatan kepada Hj. Yusniana untuk membacakan tiga soal rebutan yang kesemuanya dapat dijawab oleh peserta lomba.(Mensediar/IEC Jambi)

 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Berita Terkait By Google News

Apa Komentar Anda Tentang Artikel Ini?

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful