Kerinci

Tim TPCU Temukan Aktivitas Perambahan Hutan Illegal di Kawasan TNKS

Kerincitime.co.id, Berita Kerinci –  Taman Nasional Kerinci Sebelat (TNKS) merupakan kawasan hutan tropis penting dunia yang terletak di rangkaian pegunungan bukit barisan selatan bagian tengah pada koordinat 100o31’18”- 102o44’ BT dan 17’13” –326’14”LS.

Kawasan hutan TNKS menjadi habitat bagi sejumlah populasi satwa langka seperti Harimau Sumatera, Gajah Sumatera, Badak Sumatra, Kijang Sumatera,TNKS sebagai paru-paru dunia dan taman terbesar di Sumatera

Senin 9/12/2019 pukul 16:00WIB Tim Tiger Protection Conservation Unit (TPCU) Balai Besar TNKS melakukan patroli di kawasan TNKS yang terletak di desa masgo dengan jarak tempuh dari pemukiman masyarakat mencapai 2 Jam dengan berjalan kaki.

Dilokasi (TNKS) tim TPCU menemukan pohon besar yang telah di tumbangkan oleh oknum yang tidak di ketahui. Terlihat di lokasi kayu besar yang telah di potong, dibelah untuk menjadikan kayu bahan bangunan. Ini masalah yang tidak berujung. Oknum pelaku tidak di temukan saat tim melakukan patroli.

Baca juga:  Komisioner KPU Kerinci dan Sungai Penuh Diminta Tidak Curang

Doni salah seorang dari tim TPCU saat di konfirmasi melalui via WhatsApp membenarkan adanya ilegal logging di kawasan TNKS.

“iya kami menemukan sebatang pohon besar yang telah tumbang dan telah di belah-belah mungkin untuk di jadikan bahan pembangunan dan kayu yang kami temukan ini lebih kurang sebanyak 3 kubit” terangnya.

TPCU BBTNKS akan tetap selalu mengecek dan terus melakukan patroli. Jika menemukan oknum yang melanggar, ini tetap dilakukan proses hukum.
Akibat kegiatan ini kawasan TNKS menjadi rusak. Kondisi ini tentunya mengancam habitat satwa yang ada di dalamnya, khususnya harimau Sumatera.

“Apabila habitatnya sudah rusak, hal itu bisa memicu terjadinya konflik antara satwa dan manusia, ini sudah beberapa kali terjadi di kabupaten kerinci” tutupnya. (Ega)

Tags

Related Articles

Berikan Komentar Anda :

avatar
  
smilegrinwinkmrgreenneutraltwistedarrowshockunamusedcooleviloopsrazzrollcryeeklolmadsadexclamationquestionideahmmbegwhewchucklesillyenvyshutmouth
  Subscribe  
Notify of
Back to top button

Dapatkan Berita Update "KERINCI TIME" Terbaru Setiap Harinya

Close
Close