Nasional

TNI Baku Tembak Dengan KKB di Papua Tewaskan Satu Anggota

Kerincitime.co.id, Berita Papua – Seorang anggota TNI, Serda Miftakur Rohmat tewas saat baku tembak antara TNI dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di perbatasan Indonesia-Papua Nugini, Kabupaten Keerom, Papua. Selain menewaskan Miftakur, satu anggota TNI, Prada Juwandhy Ramadhan terluka dalam insiden tersebut.

Kapendam XVII/Cenderawasih, Kolonel Cpl Eko Daryanto melalui keterangan tertulisnya, menjelaskan kronologi baku tembak, Senin (30/12).

“Bertempat di sekitar 5 KM dari Pos Kali Asin tepatnya di jembatan kayu kembali terjadi penembakan dan penghadangan yang dilakukan oleh Kelompok KSB kepada anggota Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 713/ST,” kata Eko.

Eko menyebut kelompok bersenjata diduga merupakan pimpinan Jefrizon Pagawak. Kata Eko, dilansir Brito.id media partner Kerincitime.co.id dari laman cnnindonedia.com, Senin (30/12), anggota Satgas Pamtas RI-PNG sedang melakukan perjalanan untuk mangambil persediaan Bahan Makanan (logistik).

“Ketika itu 10 orang anggota Satgas Pamtas RI-PNG Pos Bewan Baru yang dipimpin oleh Serda Miftakur Rohmat berangkat dari pos Bewan Baru Menuju Pos Kaliasin untuk mengambil logistik,” katanya.

Sekitar 5 KM dari pos tepatnya di jembatan kayu, Anggota Satgas Pamtas tiba-tiba mendapat gangguan tembakan (pengadangan) yang dilakukan oleh sekitar 20 orang yang diduga dari KKB dengan menggunakan senjata api laras panjang.

Melihat hal tersebut Anggota Satgas Pamtas RI-PNG dengan sigap berpencar untuk mencari tempat perlindungan dan membalas tembakan ke kelompok tersebut.

“Sekitar 15 menit membalas tembakan, anggota Satgas berhasil memukul mundur kelompok tersebut,” katanya.

Setelah kontak tembak berhenti, anggota Satgas melakukan pengecekan, dan menemukan dua orang personel terkena tembakan.

Satu personel, Serda Miftakur Rohmat terkena luka tembak pada bahu kiri depan dan dinyatakan meninggal dunia. Satu orang personel, Prada Juwandhy Ramadhan terkena luka tembak (rekoset) pada pelipis kanan dan pinggang kiri dan dinyatakan selamat.

“Melihat dua orang rekan mereka terkena tembakan, anggota Satgas yang lain dengan cepat membawa korban ke pos Bewan Baru untuk menunggu evakuasi,” katanya. (Irw)

Tags
[nug_data_corona data="indonesia" provinsi="Jambi" style="card"]

Related Articles

Back to top button
>

Dapatkan Berita Update "KERINCI TIME" Terbaru Setiap Harinya

Close
Close