HOT NEWSJambiPariwisata/Budaya

Waspada Batu Akik Berbahaya Bagi Kesehatan !

BERITA KOTAJAMBI, Kerincitime.co.id – Booming batu akik melanda di hampir seluruh pelosok Indonesia, tak terkecuali di Provinsi Jambi. Tukang asah batu bak jamur yang hidup di musim penghujan. Tapi, tahukah anda jika debu batu tersebut mengandung bahan berbahaya bagi kesehatan ?

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, melalui Kabid P2PL, Kaswendi, menjelaskan, bahwa mereka yang melakukan aktivitas menggosok batu cincin (akik), sangat beresiko kesehatannya.

Dari penelusuran SR28 menemukan bahwa, ada beberapa jenis batu yabg mengandung unsur silica. Silica sendiri memiliki unsur yang hampir sama dengan debu vulkanik yang berasal dari letusan gunung berapi. Dan ketika dihirup akan sangat berbahaya bagi kesehatan.

Baca juga:  Sidang Lanjutan Terdakwa Kelompok SMB

Mengingat, debu yang dihasilkan dari gosokan batu tersebut otomatis akan langsung masuk ke dalam hidung si pengasah batu tersebut.

Apalagi, jelas Kaswendi, saat ini banyak dari mereka yang mengasah batu tidak menggunakan standar keselamatan, seperti masker dan lain sebagainya.

“Penggosok batu beresiko terkena gangguan kesehatan, terutama ke paru-parunya. Karena, dari beberapa jenis batu ada yang mengandung unsur silica yang berbahaya bagi kesehatan,” sebut Kaswendi.

Namun, papar Kaswendi, tidak semua jenis batu yang mengandung unsur silica, dan tidak semua jenis debu berbahaya bagi kesehatan.

” Hanya yang berukuran mikro saja yang bisa masuk ke paru-paru,” tukas Kaswendi, di kantornya, Senin (09/02/15).

Baca juga:  Artis IS Akui Kenal Mucikari Prostitusi Online Setelah Diperiksa 4 Jam

Reporter : Pde/Sat/sr28

Tags

Related Articles

Berikan Komentar Anda :

avatar
  
smilegrinwinkmrgreenneutraltwistedarrowshockunamusedcooleviloopsrazzrollcryeeklolmadsadexclamationquestionideahmmbegwhewchucklesillyenvyshutmouth
  Subscribe  
Notify of
Back to top button

Dapatkan Berita Update "KERINCI TIME" Terbaru Setiap Harinya

Close
Close