Kerincippip

Zainal Ke Malaysia Temui Warga, Pengaruhnya Kurang Signifikan

Kerincitime.co.id, Berita Kerinci – Calon bupati di Pilkada Kerinci, Zainal Abidin, diketahui tengah ke negeri jiran Malaysia dan bersua dengan masyarakat Kerinci disana. Bersama pengurus Himpunan Keluarga Kerinci (HKK) Provinsi Jambi, Zainal Abidin menghadiri acara yang diselenggarakan oleh warga perantau tersebut.

Pengamat politik Jambi, Navarin Karim, menilai apa yang dilakukan kandidat tersebut merupakan hal yang wajar. Apalagi Kerinci pada 2018 nanti akan melaksanakan Pilkada. “Hal yang wajar menjelang Pilkada,” kata Navarin, Minggu (12/11).

Dosen senior Fisipol Unja tersebut menilai, jika hal itu tidak terlalu berpengaruh signifikan dalam Pilkada nanti. Menurutnya, jika menginginkan suara untuk Pilkada nanti, lebih baik kandidat menggarap suara yang riil, yaitu masyarakat yang tinggal di Kabupaten Kerinci.

Baca juga:  H. Bakri Minta PT. Aurora Perbaiki Jalan Nasional Sungai Penuh - Letter W

Apalagi, kata dia, dengan menggarap pemilih yang berada di luar negeri tersebut tentunya memakan banyak biaya. “Kurang signifikan. Lebih baik garap suara yang riil di Kerinci,” ujarnya.

Pengamat politik lainnya, Dony Yusra Pebriyanto, mengatakan bahwa sepertinya Zainal sebaiknya fokus ke pemilih di Kerinci dulu sebagai warga negara yang memiliki hak pilih. Namun menurutnya, kalaupun pendekatan ke masyarakat Kerinci di Malaysia tentu sah-sah saja di tengah branding Zainal Abidin sebagai anak mantan TKI yang mampu mengorbit.

“Secara analisa kacamata politik Zainal sedang membangun pandangan dan kedekatan dengan warga Kerinci di Malaysia. Dengan harapan akan berefek ke keluarga mereka di Kerinci,” katanya.(metrojambi)

Baca juga:  Tim TPCU Temukan Aktivitas Perambahan Hutan Illegal di Kawasan TNKS

 

Related Articles

Berikan Komentar Anda :

avatar
  
smilegrinwinkmrgreenneutraltwistedarrowshockunamusedcooleviloopsrazzrollcryeeklolmadsadexclamationquestionideahmmbegwhewchucklesillyenvyshutmouth
  Subscribe  
Notify of
Back to top button

Dapatkan Berita Update "KERINCI TIME" Terbaru Setiap Harinya

Close
Close