PilkadaPolitik

3 Partai Sudah Merapat ke Fasha-AJB

Kerincitime.co.id, Berita Jambi – Pertarungan antar pasangan kandidat merebut dukungan partai sebagai syarat maju di Pilgub Jambi makin sengit. Berbagai strategi dijalankan. Lobi-lobi dan pertemuan dengan ketum parpol di pusat juga dilakukan guna mendapatkan partai pengusung.

Sementara ini, baru pasangan Al Haris-Sani yang sudah aman. Keduanya sudah pasti diusung PKS, PKB dan Berkarya. Dari tiga partai tersebut Haris-Sani sudah mengantongi 11 kursi, syarat minimal untuk mendaftar di KPU. Lalu, pasangan Cek Endra-Ratu Munawaroh juga sudah mendapat rekomendasi dari Partai Golkar. Dengan modal 7 kursi partai beringin tersebut, kini duet CE-Ratu tengah menunggu rekomendasi dari PDIP yang katanya hampir dipastikan akan berkoalisi dengan golkar.

Yang teranyar, pasangan Syarif Fasha-Asafri Jaya Bakri (Fasha-AJB) juga sudah siap berlayar.  Duet duo walikota ini kabarnya sudah hampir dipastikan akan diusung koalisi PPP (3 kursi), Gerindra (7 kursi) dan NasDem (2 kursi). Gabungan tiga partai yang memiliki 12 kursi di parlemen tersebut sudah melebih syarat minimal (11) kursi untuk mendaftar di KPU.

Memang selama ini, PPP dan Gerindra selalu dikait-kaitkan dengan Fasha. Bahkan, sejak jauh hari PPP sudah menyerahkan surat tugas kepada walikota Jambi dua periode itu mencari pasangan dan partai koalisi. Sinyal berkoalisinya PPP dengan Gerindra makin menguat dengan beredar foto Walikota Jambi Sy Fasha bertemu dengan Ketua DPD Partai Gerindra Sutan Adil Hendra (SAH) di salah satu restoran yang belum diketahui lokasinya.

Baca juga:  Fasha-AJB Resmi Resmi Terima SK Dukungan PPP

Dalam foto tersebut, selain Fasha dan SAH, juga terlihat ketua DPW PPP Provinsi Jambi Evi Suherman. Informasinya, pertemuan itu terjadi beberapa hari lalu. Banyak yang mendunga Fasha dan para ketua parpol ini tengah membahas dukungan.

Informasinya teranyar, dengan modal dua partai tersebut, Fasha-AJB akhirnya berhasil ‘merebut’ dukungan NasDem yang sebelumnya diklaim tim Fachrori Umar. Sumber diinternal Fasha mengatakan, urusan dengan NasDem sudah selesai. Bahkan KTP Fasha dan AJB sudah  ‘disetor’ ke DPP partai yang dipimpin Surya Paloh tersebut.

‘’Sekarang tinggal menunggu rekomendasi turun. Semua proses dan tahapan administrasi sudah klir semua. Mudah mudahan dalam waktu dekat rekomendasi akan keluar,’’ kata sumber yang minta nanaya tidak mau ditulis ini.

Selain itu, sumber lain menyebutkan, Fasha juga tengah membidik PAN. Baru baru ini,  sang walikota sudah bertemu dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Namun, belum diketahui bagaimana kelanjutan pertemuan tersebut.

Ihwal foto pertemuan Fasha, SAH yang beredar tersebut didibenarkan Ketua DPW PPP Provinsi Jambi, Evi Suherman. Menurut Evi mengatakan pertemuan tersebut dilakukan beberapa hari lalu di Palembang. “Iya, kemarin. Kita mengadakan pertemuan membahas soal koalisi pendukung Fasha,” katanya saat dihubungi via ponselnya, Rabu (8/7) kemarin.

Baca juga:  Pansus Covid-19 DPRD Merangin Terus Berlanjut

Selain soal koalisi parpol, lanjut Evi, dalam pertemuan tersebut juga dibahas strategi menghadapi hajatan paling bergengsi lima tahunan nanti. “Kita membahas koalisi ke depan. Pak Sutan Adil kan ketua koalisi kita. Jadi kami selalu bermusyawarah soal tambahan kursi dan strategi-strategi,” kata Evi.

Apakah itu artinya Gerindra sudah memastikan dukungan ke Fasha? “Kalau Gerindra kan memang mau dengan PPP ke Fasha. Kalau surat tugas mungkin sudah,” ujarnya.
Menurut Evi, saat ini Fasha-AJB sudah mengantongi dukungan PPP dan juga Gerindra. “Kita juga membahas soal kekurangan koalisi, sekarang kita kan ada 10 kursi, artinya kita masih menunggu 1 kursi lagi,” sebutnya.

Menurutnya masih banyak parpol yang belum menentukan dukungan, termasuk juga partai NasDem. “Masih banyak partai yang belum bertuan, masih kita usahakan,” sebutnya.

Terpisah, Ketua DPD Gerindra Provinsi Jambi, Sutan Adil Hendra (SAH) enggan berkomentar banyak. Bahkan anggota DPR RI ini sempat membantah pertemuan dirinya bersama Fasha dan Evi Suherman.

Setelah didesak akhirnya ia mengaku pertemuan dengan Walikota Jambi Sy Fasha tersebut biasa dilakukan. “Itu biasa kita silahturahmi, kan pak Fasha Walikota. Tanpa beliau kita tidak punya KTP,” katanya sembari tertawa.

SAH kembali mengelak saat ditanyakan ikhwal dukungan Gerindra ke Fasha. “(Dukungan ke Fasha) nantilah kita lihat, kan masih lama,” kilahnya.

Baca juga:  Fasha-AJB Resmi Resmi Terima SK Dukungan PPP

Lalu bagaimana dengan jabatan ketua koalisi seperti yang disampaikan Evi Suherman? SAH lagi-lagi mengelak. “Jangan lah berandai-andai, kabar-kabar. Elok nian,” jawab SAH bernada gurauan sembari menyebutkan jika dirinya tengah ada pertemuan.

Sementara itu, pihak NasDem belum bisa dikonfirmasi. Saat Jambi One mencoba menghubungi via ponsel, Ketua DPW NasDem Provinsi Jambi Agus Roni belum merespon. Begitupun juga dengan pesan singkat WhatsApp belum dibalas.

Fasha sendiri terlihat tetap tenang dan santai. Saat menghadiri pelantikan pengurus PWI Pokja Kota Jambi, Rabu kemarin, Walikota Jambi ini sempat menyinggung soal Pilgub. ‘’ Jangan terlalu fokus bahas pilkada. Karena sekarang kita tengah fokus menangani covid-19. Soal siapa yang jadi (gubernur) nanti sudah tertulis di Lauhul Mahfus. Jadi tenang bae. Kalau nak jadi, pasti jadi lah,’’ katanya dalam sambutan saat memberikan masukan kepada pengurus PWI Pokja Kota Jambi yang baru dilantik.

Apakah pernyataan ini dan sikap tenangnya Fasha karena sudah mendapatkan perahu, hanya sang Walikota yang tahu. Namun, selama ini diantara empat pasangan kandidat, memang Fasha terlihat paling santai. Disaat, kandidat lain sibuk memburu partai. Fasha terlihat fokus menangani covid-19 di Kota Jambi. (Irw)

Sumber: Jambione.com

Tags
[nug_data_corona data="indonesia" provinsi="Jambi" style="card"]

Related Articles

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
>

Dapatkan Berita Update "KERINCI TIME" Terbaru Setiap Harinya

Close
Close