Nasional

Achmad Yurianto Ingatkan Jangan Ada Diskriminasi Pada Pasien Corona Covid-19

Kerincitime.co.id, Berita Jakarta – Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto mengingatkan agar masyarakat turut bersama-sama menangani penyebaran virus corona jenis baru tersebut.

Salah satu cara yang bisa dilakukan dengan tidak melakukan diskriminasi terhadap pasien positif Covid-19.

“Mari sekali lagi kita lindungi yang sakit. Jangan diskriminasi, jangan distigmatisasi. Tapi lindungi dia agar bisa lakukan isolasi dengan baik. Bukan dikucilkan tapi dibantu agar dia betul-betul bisa lakukan isolasi diri dengan sebaiknya, yang sehat juga harus dilindungi jangan sampai sakit,” kata Yurianto dalam siaran teleconference di kantor BNPB, Jakarta, dilansir Suara.com, Minggu (29/3/2020).

Menurut Yurianto, tidak ada cara lain untuk menanggulangi penyebaran virus corona selain masyarakat saling menjaga jarak. Seiring terbatasnya jumlah fasilitas layanan kesehatan, penanganan pasien Covid-19 di rumah sakit juga akan semakin selektif.

Rumah sakit akan lebih memprioritaskan pasien yang terinfeksi virus dan tidak memungkinkan lakukan isolasi secara mandiri.

“Termasuk pada kelompok rentan seperti orang tua, orang dengan penyakit sebelumnya seperti diabetes, hipertensi, TBC, kelainan jantung, paru-paru. Inilah yang membutuhkan pelayanan maksimal,” ucapnya.

Yurianto mencontohkan, sikap saling menjaga bisa dilakukan dengan melakukan social ditancing serta mengurangi aktivitas di luar rumah.

Jika mengalami gejala influenza juga demam sangat disarankan untuk memakai masker dan menjaga jarak dengan orang lain meski berada di dalam rumah.

Sebab, kata Yurianto menjelaskan bahwa virus corona penyebab sakit Covid-19 bisa tersebar melalui cairan liur atau droplet orang yang sakit saat batuk, bersin atau pun bicara.

“Jika ada orang sehat droplet besar kemungkinan terhirup, orang sehat maka akan tertular. Bisa juga droplet jatuh ke benda-benda sekitar yang sering disentuh bersama dan tidak sadar orang menyentuh lalu tanpa cuci tangan langsung makan, minum, menyentuh wajah maka ini kemungkinan juga menginfeksi tubuh yang semula sehat,” paparnya. (Irw)

Tags
[nug_data_corona data="indonesia" provinsi="Jambi" style="card"]

Related Articles

Back to top button
>

Dapatkan Berita Update "KERINCI TIME" Terbaru Setiap Harinya

Close
Close