Nasional

Achmad Yurianto Minta Masyarakat yang Merasa Tertular Covid-19 Jangan Panik

Kerincitime.co.id, Berita Jakarta – Angka pasien positif virus corona atau Covid-19 di Indonesia terus bertambah. Hingga Senin (23/3/2020) ini, ada penambahan sebanyak 65 kasus baru sehingga total saat ini menjadi 579 orang dinyatakan positif Covid-19.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penganan Covid-19 Achmad Yurianto meminta masyarakat yang merasa tertular virus corona agar tidak panik. Dia meminta agar segera menghubungi fasilitas kesehatan terdekat, dikutip dari laman Suara.com.

“Kebijakan kedua kami berharap masyarakat bisa mehamahami mana kala dia merasa sakit atau merasa tertular oleh orang lain maka disarankan mengubungi fasilitas kesehatan manapun,” kata Yurianto melalui Youtube di akun BNPB, Senin (23/3/2020).

Yurianto mengatakan, masyarakat bisa berkonsultasi dengan dokter ihwal kondisi tubuhnya. Hal tersebut diminta agar tim dokter bisa mengetahui apakah tertular virus corona atau tidak.

“Konsultasikan dengan dokter tidak perlu panik, konsul dengan dokter diperiksa dengan teliti maka alkan bisa ditentukan apkaah ada dugaan kearah covid-19 atau tidak,” sambungnya.

Yurianto juga meminta agar masyarakat tidak membuat keputusan sendiri. Misalnya, langsung mengkonsumsi obat yang dianggap dapat menyembuhkan virus mematikan ini.

“Oleh karena itu jangan kemudian membuat keputusan sendiri untuk meminum sesuatu obat untuk melakukan sesuatu kegiatan yang diyakini bisa menyembuhkan atau mencegah. Ini padahal belum terbukti secara ilmiah,” kata Yuri.

Yurianto menambahkan, masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan oleh pemerintah. Masyarakat juga diminta untuk konsultasi, baik secara langsung atau secara virtual.

“Karena itu mari sama sama kita rasional dan manfaatkan seluruh fasilitas yang ada di negara baik secara langsung ataupun secara virtual,” tutupnya. (Irw)

Tags
[nug_data_corona data="indonesia" provinsi="Jambi" style="card"]

Related Articles

Back to top button
>

Dapatkan Berita Update "KERINCI TIME" Terbaru Setiap Harinya

Close
Close