Politik

Ami Harus Lengkapi 5.628 Dukungan, Dasra Lolos Calon Perseorangan

AMITAHERKerincitime, KERINCI – Hasil pleno KPU Kerinci terhadap dukungan calon perorangan menyatakan pasangan Ami Taher-Suhaimi Surah tidak memenuhi syarat dukungan minimal.

Ketua KPU Kerinci, Mulfi mengatakan, jumlah dukungan pasangan Ami Taher-Suhaimi yang diserahkan ke KPU saat mendaftar sebanyak 17.095, setelah diverifikasi faktual ternyata yang memenuhi syarat hanya 13.047.

Kemudian pasangan Dasra-H Mardin jumlah dukungan yang diserahkan ke KPU saat mendaftar sebanyak 21.071, setelah diverifikasi faktual yang memenuhi syarat sebanyak 15.873.

“Syarat dukungan untuk menjadi calon bupati dari jalur perseorangan adalah 0,5 persen dari jumlah penduduk Kabupaten Kerinci atau 15.861 dukungan,” ujar Mulfi.

Karena dukungan Ami Taher- Suhaimi yang memenuhi syarat hanya 13.047 atau dibawah 15.861, maka Ami Taher harus melengkapi dukungan. Dan harus mengganti dua kali lipat dari jumlah kekurangan dukungan.

Baca juga:  Meiderin Joni Mendaftar di PPP dan Gerindra

“Ami Taher masih diberi kesempatan untuk melengkapi dukungan, tapi dua kali lipat dari jumlah kekurangan,” katanya.

Kekurangan dukungan Ami-Suhaimi Surah sebanyak 2.814 dukungan, jika harus mengganti dua kali lipat dari jumlah kekurangan dukungan, maka harus menyiapkan 5.628 dukungan.

“Pasangan Ami-Suhaimi harus menyerahkan dukungan pengganti paling lama 7 hari sejak pemberitahuan hasil pleno oleh KPU,” tandasnya.

Sedangkan pasangan Dasra-H Mardin, dukungan yang memenuhi syarat diatas 15.861, yakni 15.873 dukungan, berarti pasangan Dasra lolos menjadi calon perseorangan. “Pasangan Dasra sudah memenuhi syarat untuk maju dari calon perseorangan,” katanya.

Masa untuk memperbaiki surat pencalonan, syarat calon dan atau mengajukan calon baru dilakukan dari tanggal 9-22 Juli. Sedangkan verifikasi ulang syarat calon juga dari tanggal 9 Juli hingga 22 Juli. Sementara pengumuman pasangan calon yang memenuhi syarat tanggal 22 Juli hingga 23 Juli.

Baca juga:  Meiderin Joni Mendaftar di PPP dan Gerindra

“Walaupun Ami-Suhaimi belum menyerahkan kekurangan dukungan, tapi boleh mendaftar menjadi calon bupati Kerinci sampai batas pendaftaran 9 Juli mendatang,” pungkasnya.  (jambiekspres.co.id)

Tags

Related Articles

Berikan Komentar Anda :

avatar
  
smilegrinwinkmrgreenneutraltwistedarrowshockunamusedcooleviloopsrazzrollcryeeklolmadsadexclamationquestionideahmmbegwhewchucklesillyenvyshutmouth
  Subscribe  
Notify of
Back to top button

Dapatkan Berita Update "KERINCI TIME" Terbaru Setiap Harinya

Close
Close