Jambi

Balai Cagar Budaya Gaet Pemuda Pancasila Jaga Situs Bersejarah

Kerincitime.co.id, Berita Jambi – Guna menjaga situs-situs bersejarah yang terserak di berbagai daerah, Balai Pelestarian Cagar Budaya Sumbagsel mempelopori kerjasama dengan ormas. Melibatkan Pemuda Pancasila. Loreng hitam-oranye berkibar di kantor Balai Besar Cagar Budaya yang berlokasi di Kota Baru, Kota Jambi itu. Mereka sempat kaget ketika personil ormas Pemuda Pancasila yang dikomandoi Sekwil MPW, Taufan Junaidi itu ramai-ramai bertamu.

Beranjangsana ke situ, PP rupanya bersiap menjadi mitra balai besar untuk menjaga dan ikut melestarikan situs serta cagar budaya di empat Provinsi, antaralain Jambi, Bengkulu, Babel, Dan Sumsel.

“Kita sangat apresiasi atas peran Pemuda Pancasila yang bersedia mempertahankan dan menjaga situs purbakala,”kata Iskandar Siregar, Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya.

Baca juga:  Zola Nagku Setiap Ketuk Palu, Masing-masing Dewan Dapat Rp. 200 Juta

Menyambut kedatangan personil PP, Iskandar memboyong pejabat lengkapnya. Ia memperkenalkan satu-persatu pegawainya, termasuk peran dan tugas balai besar dalam menjaga situs budaya, dilansir Jambilink.com media partner Kerincitime.co.id.

Siregar menyebut, Jambi termasuk daerah yang kaya akan keberadaan situs bersejarah, termasuk di sepanjang Sungai Batanghari. Menurutnya, dengan bermitra bersama Pemuda Pancasila, balai besar haqqulyakin bisa menjaga situs purbakala itu dengan baik.

Dari barisan Pemuda Pancasila, Taufan ditemani sejumlah pentolan PP antaralain, Kabid Organisasi dan Keanggotaan Robert Samosir, Komando Inti (Koti) Burhanudin M Ali serta sederet pengurus wilayah lainnya.

Taufan Junaidi mengatakan, PP bersiap menjadi mitra balai besar untuk menjaga situs dan cagar budaya.

Baca juga:  Rahima Istri Gubernur Jambi Terima Uang Rp. 200 Juta Dari Immanudin

“Kita ingin situs-situs bersejarah perlu penanganan serius,”ujar Taufan.

“Apalagi, Jambi banyak menyimpan cagar budaya,”katanya.

Robert Samosir mengimbuhkan, lawatannya ke balai besar budaya juga dalam rangka memperkenalkan organisasi PP beserta personilnya. Kedepan, ia berharap bisa bermitra bersama balai yang berada dibawah Kementerian dan Kebudayaan itu.

“Penjagaan situs budaya perlu penanganan skala prioritas,”katanya.

Ia mencontohkan, cagar budaya yang masih banyak tersimpan di sepanjang sungai Batanghari, membutuhkan bantuan berbagai pihak, dalam pelestariannya.

“Ormas PP siap membantu,”ujarnya. (Irw)

Tags

Related Articles

Berikan Komentar Anda :

avatar
  
smilegrinwinkmrgreenneutraltwistedarrowshockunamusedcooleviloopsrazzrollcryeeklolmadsadexclamationquestionideahmmbegwhewchucklesillyenvyshutmouth
  Subscribe  
Notify of
Back to top button

Dapatkan Berita Update "KERINCI TIME" Terbaru Setiap Harinya

Close
Close