Camat Tanah Kampung dukung Sirsak menjadi Icon Kota Sungai Penuh

Kerincitime.co.id, Sungai Penuh – Untuk mewujudkan Visi Jambi Emas 2015 dan Kota Sungai Penuh Mapan 2016, Masyarakat di Kecamatan Tanah Kampung  mendukung Pemerintah Kota Sungai Penuh yang akan menjadikan tanaman sirsak sebagai Icon buah buahan khas Kota Sungai Penuh.

Hal ini disampaikan  Camat Tanah Kampung H.Alamrus,M.Pdi dalam wawancara khususnya dengan Kerincitime  tadi malam di kantor Camat Tanah Kampung. Menurut H.Alamrus, M. PdI.  Kota Sungai Penuh merupakan  Kota  tertinggi di puncak andalas Pulau Sumetara berada pada ketinggian 700- 2.500.M.Dpl. Kota  bernuansa agraris yang memiliki  lahan hunian dan lahan budidaya seluas 15.972,4 Hektar dengan iklim sejuk ini memiliki potensi besar untuk pengembangan usaha sector pertanian termasuk untuk pengembangan, budidaya tanaman aneka buah buahan.

Dimasa lalu masyarakat Tanah Kampung  dan umumnya masyarakat di Kota Sungai Penuh  telah melakukan usaha budidaya aneka tanaman buah buahan seperti tanaman nangka, jeruk, alpukat, pisang, manggis, jambu biji, jambu air, sirsak. dll.

Usaha budi daya tanaman buah buahan yang dilakukan oleh masyarakat dan petani di Kota Sungai Penuh  pada umumnya  merupakan tanaman yang di budidayakan dengan skala kecil dan selama ini para petani menanam sirsak sebgqi tanaman pagar dan sebagai pembatas lahan juga sebagai salah satu upaya untuk memanfaatkan lahan lahan pekarangan, Pada umumnya setiap  pekarangan dan perladangan yang dilakukan oleh masyarakat  Kota Sungai Penuh dikelola  secara  tradisional dan hanya dimanfaatkan untuk kebutuhan konsumsi rumah  tangga dan untuk memenuhi kebutuhan pasar lokal.

Salah satu tanaman buah buahan yang ditanam oleh masyarakat di lahan lahan pekarangan  dan lahan perkebunan adalah  tanaman buah sirsak. Buah sirsak / sirsat, ( :  Annona muricata L,) Nama lain : Soursop (Inggris), Corossol atau Anone (Perancis), Zuurzak (Belanda)  guanábana  (Spanish),  graviola (Portuguese),  Brazilian Paw Paw, Corossolier, Guanavana, Toge – Banreisi,  Durian benggala, Nangka  blanda, dan  Nangka londa.

Kepala Dinas Pertanian Kota Sungai Penuh. Ir.Herman, MM  kepada Kerincitime menyebutkan bahwa buah Sirsak yang sudah masak akan mengeluarkan aroma khas yang segar.Aroma ini masih muncul walaupun telah di olah dalam bentuk produk minuman atau makanan ringan.Daging buah sirsak  memiliki warna yang stabil meski telah diolah dalam bentuk  produk makanan (jika tidak diberi zar pewarna)

Menurut Ir.Herman,MM  buah Sirsak mengandung 67% daging buah segar yang dapat di konsumsi lansung, selebihnya terdiri dari 20% kulit,8,5% biji dan 4% poros tengah buah dari berat keseluruhan buah.Hasil penelitian menyebutkan bahwa kandungan gula sirsak 67% dari seluruh bagian padat daging buah sirsak.

Buah Sirsak  merupakan sumber vitamin B1 yang jumlahnya 0.07mg/100 gram daging buah.kandungan vitamin C dalam buah sirsak sekitar 20 mg/100 gram daging sirsak. Di dalam buah sirsak terdapat energy 65,00 kal besi 0,60mg,protein 1,00 g lemak 0,30g,karbohidrat 16,30g Kalsium 14,00 g,Vitamin A 1,00RE.Vitamin B 1 0,07 mg,Vitamin B2 0,04 mg dan Vitaminh C 20,00mg

Didalam buah Sirsak juga mengandung 27,00 mf Fosfor, 2,00g Setat dan 0,70 mkg Nacin.Dari dataterlihat bahwa setelah kandungan air,kandungan zat gizi yang terbanyak adalah karbohiderat.Salah satu jenis karbohidrat pada buah sirsak adalah gula pereduksi (gulukosa dan fruktosa) dengan kadar 81,9-93,6% dari kandungan gula total.Buah sirsak mengandung sangat sedikit lemak (0,3g/100g) sehingga sangat baik bagi kesehatan.Rasa asam pada sirsak berasal dari asam organic non volatile,terutama asammalat,asam sitrat dan asam isositrat.

Keunggulan sirsak terletak pada rendahnya kadar sodium (natrium) yang hanya sekitar14 mg/100g, tetapi tinggi potassium(kalium) yaitu 278 mg/100 g. Perbandingan kalium dan  natrium yang tinggi sangat baik untuk pencegahan penyakit hipertensi . Selain komponen gizi ,buah sirsak sangat kaya akan serat pangan yakni mencapai 3,3g / 100 g daging  buah, kandungan serat yang tinggi sangat dibutuhkan pada proses pencernaan.

Berbagai penelitian membuktikan bahwa tanaman Sirsak mengandung banyak manfaat bagi  kesehatan dan dapat dimanfaatkan sebagai tanaman obat obatan, Penelitian yang dilakukan oleh para ahli di Amerika Serikat menyimpulkan bahwa tanaman Sirsak memiliki kemampuan  sebagai pembunuh  alami  sel kanker, hasil penelitian mengemukakan bahwa keampuhannya  10.000 kali  lebih kuat dari kemoterapi.

Penelitian yang dilakukan oleh para ahli menyimpulkan Sirsak juga memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur serta aktif melawan berbagai jenis parasit atau cacing, bahkan sirsak dapat mengobati tekanan darah tinggi, depresi  dan stress,  dan  di dalam negeri  Pusat Studi Biofarmatika  IPB yang melakukan penelitian komponen kimia yang dominan pada daun sirsak.(budi)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Apa Komentar Anda Tentang Artikel Ini?

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful