Kecamatan Tanah Kampung Kembangkan Tanaman Sirsak

Sungai Penuh, Kerincitime – Dalam rangka  mendukung Program Pemerintah Kota Sungai Penuh  menjadi Sungai Penuh sebagai Kota Hijau,dan untuk meningkatkan usaha pendapatan keluarga,Camat Tanah Kampung bersama Tim Penggerak PKK dan Dinas terkait akan mengembangkan tanaman   buah sirsak.

Hal ini disampaikan Camat Tanah Kampung H.Alamrus,S.Pd,M.Pdi  kepada Kerincitime kemaren. Di kecamatan Tanah kampung masih terdapat lahan lahan pekarangan yang belum dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat,untuk itu  tahun depan kita akan melakukan gerakkan penanaman  tanaman sirsak, -minimal setiap rumah tangga  menanam  3 batang bibit tanaman sirsak.

Menurut H.Alamrus,M.PdI – buah sirsak / sirsat ( Annona muricata L), di Negara lain nama buah ini popular  disebut  Soursop (Inggris), Corossol atau Anone (Perancis), Zuurzak (Belanda)  guanábana (Spanish), graviola (Portuguese), Brazilian Paw Paw, Corossolier, Guanavana, Toge-Banreisi, Durian benggala, Nangka blanda, and Nangka londa.

Di Kota Sungai Penuh dan di alam Kerinci umumnya  tanaman sirsak dikenal luas masyarakat, hampir di setiap lokasi perkebunan / perladangan dan pekarangan masyarakat itemui tanaman sirsak,

Selama ini harga buah sirsak  sangat rendah, di bandingkan tanaman buah buahan lainnya yang ada di  Kota Sungai Penuh, tanaman sirsak memang tidak teralu popular, ketidak populeran sirsak antara lain disebabkan  karena  daya  tahan  buah  sirsak  yang  sudah masak sangat  rendah, sirsak  yang  sudah  masak hanya mampu  bertahan 2 hari.,sedangkan sirsak tua yang baru di petik hingga masak dapat bertahan 3 – 5 hari dan agar sirsak masak dapat bertahan lebih lama dapat disimpan di lemari pendingin.

Menurut H.Alamrus  masyarakat di  Kecamatan Tanah Kampung dan  masyarakat di Kota Sungai Penuh pada umumnya menyebut buah sirsak dengan sebutan  “Durion Belandeu” dan memanfaatkan  tanaman  sirsak  sebagai  buah segar. Dari hasil uji coba  yang dilakukan Lembaga Bina Potensia ternyata buah sirsak dapat di manfaatkan sebagai bahan minuman dan bahan makanan ringan, buah sirsak selain dapat di  konsumsi  dalam  bentuk  buah segar (sebagai pencuci mulut).

Buah sirsak  dapat  di  campur  dengan  susu,  es krim, namun lazimnya masyarakat mengkonsumsi  secara lansung setelah  kulitnya di pisahkan dari daging buah sirsak masak.dan  buah sirsak dapat diolah menjadi selai, sari  buah ( setelah dicampur sedikit gula), Buah  sirsak  yang  telah masak  dapat  diolah sebagai dodol, sedangkan buah sirsak muda dapat  dijadikan  sebagai  sayuran.  (bin)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Apa Komentar Anda Tentang Artikel Ini?

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful