Dipertanyakan Uji CBR Jalan Paling Serumpun, Renah Padang Tinggi Dan Pematang Gando

Kerincitime.co.id, Berita Sungai Penuh – Proyek Jalan di Kota Sungai Penuh yakni Jalan Paling Serumpun – Arah Seratus, Jalan KM 11 – Renah Padang Tinggi dan Jalan Pematang Gando disorot, lantaran ada dudgaan tidak adanya uji CBR (California Bearing Ratio) saat pekerjaan proyek tersebut.

John Afriza LSM Perisai Kobra mengungkapkan bahwa setiap jalan harus ada uji CBR, Pengujian ini dimaksudkan untuk menentukan CBR (California Bearing Ratio) tanah dan campuran tanah agregat yang dipadatkan di laboratorium pada kadar air tertentu. CBR laboratorium ialah perbandingan antara beban penetrasi suatu bahan terhadap bahan standar dengan kedalaman dan kecepatan penetrasi yang sama.

“tiga lokasi proyek jalan tersebut material timbunan pilihannya sama, padahal kondisi tanahnya berbeda” ungkapnya kepada kerincitime.co.id.

Dikatakannya bahwa CBR laboratorium biasanya digunakan antara lain untuk perencanaan pembangunan jalan baru Untuk menentukan nilai CBR laboratorium harus disesuaikan dengan peralatan dan data hasil pengujian kepadatan, yaitu Pengujian Pemadatan Ringan Untuk Tanah, atau Pengujian Pemadatan Berat Tanah.

Terkiat timbunan yang dikalsifikasikan dengan pilihan pilihan kata John Afriza  harus terdiri dari bahan tanah atau batu yang memenuhi semua ketentuan dan harus memiliki sifat-sifat tertentu yang tergantung dari maksud penggunaannya, seperti diperintahkan oleh direksi pekerjaan.

Dalam segala hal seluruh timbunan pilihan harus bila diuji sesuai dengan SNI 03-1744-1989, memiliki CBR paling sedikit 10 % setelah 4 hari perendaman bila dipadatkan sampai 100% kepadatan kering maksimal sesuai SNI 1742-2008.

Dengan diketahui hasil uji CBRnya maka akan nampak jenis agregat material di masing-masing lokasi proyek. “setiap lokasi akan beda materialnya” ungkapnya.

Pihan rekanan, PUPR, Panitia dan Labor hingga berita ini dipublih belum dapat dikonfirmasi. (ega)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Apa Komentar Anda Tentang Artikel Ini?

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful