Jambi

Gonta Ganti Kabinet, Pengamat Nilai Fachrori Tak Bisa Wujudkan Program Jambi Tuntas

Kerincitime.co.id, Berita Jambi – Pengamat politik dan ilmu pemerintahan dari Universitas Jambi, Navarin Karim menyebutkan bahwa masih banyak program Jambi Tuntas 2021 yang belum terialisasi.

“Menurut saya, program Jambi Tuntas 2021 itu belum terialisasi karena masih banyak yang harus dibenahi. Kita melihat dari serapan anggaran di awal tahun 2019 sajalah ya, sampai desember itu serapan anggaran tidak sampai 100 persen.

Lalu masuk di tahun 2020 masuk masalah Corona lalu akan dekat lagi yaitu Pilkada,” kata Karim yang juga merupakan dosen senior ilmu Pemerintahan di Universitas Jambi, Jumat (25/09/2020).

“Nah didalam Pemilukada ini tentu terbelah fikirannya. Dan saya yakin maka ditahun 2020 ini Program Jambi Tuntas itu tak akan tercapai,” sambungnya dilansir pemayung.com.

Tidak hanya itu, Karim juga menyentil terkait persoalan gonta ganti jabatan di ruang lingkup kepemerintahan Jambi. Menurut Karim sejak dikepimpinan Fachrori banyak sekali pejabat di pemerintahannya digonta-ganti.

“Tentu permasalahan itu dapat menggangu kinerja para pejabat yang memiliki kemampuan dibidangnya. Bagaimana visi misi bisa tercapai jika gonta-ganti jabatan karena itu dapat mematikan karir orang-orang yang memiliki prestasi,” ujar Karim.

Baca juga:  Silaturahmi ke MUI Provinsi, Haris Minta Pandangan dan Arahan Membangun Jambi Kedepan

Selain gonta ganti Jabatan. Karim juga membahas tentang persoalan dunia pendidikan. Dimasa pandemi Corona tentu dunia pendidikan menjadi hal yang utama diperioritaskan pemerintah.

Menurutnya masih banyak warga di Jambi yang tinggal di pelosok Jambi yang sulit mengakses dunia pendidikan apalagi dalam masa pembalajaran daring dimasa pandemi.

“Hal itu juga harus menjadi perioritas pemerintah untuk dapat mencarikan jalan solusinya. Karena banyak sekali persoalan pendidikan yang masih kurang teratasi. Dan dimasa pandemi ini pemerintah harus dapat lebih cekatan dalam menanggapi hal ini. Dan jika harus kita bahas lagi masih banyak menurut saya program Jambi Tuntas yang dilanjutkan Fachrori yang belum banyak terealisasi,” terang Karim.

Diketahui, Fachrori tercatat sebagai Gubernur Jambi ketika tepat pada 13 Februari 2019 lalu. Ia dilantik Presiden Jokowi di istana Jakarta dengan didamping oleh istri tercintanya Rahima Fachrori. Fachrori yang awalnya hanya menjabat sebagai Wakil Gubernur Jambi itu kemudian menggantikan Zumi Zola setelah Zola tersandung korupsi.

Antara Zola dan Fachrori dulunya adalah pasangan yang sama-sama maju di Pilgub Jambi 2016 silam. Saat itu, Zola dan Fachrori menjadi pemenang di Pilkada Jambi ketika menyingkiri sang petahana Hasan Basri Agus (HBA) yang berpasangan dengan Edi Purwanto.

Baca juga:  Ini Video Mahasiswa Diduga Alami Kekerasan

Zola-Fachrori pun akhirnya melaju pesat serta berhasil memenangkan Pilgub Jambi saat itu. Duet yang dapat dikategorikan seperti anak dan bapak itu tercatat luar biasa ketika mampu mengalahkan sang petahana yang digadang-gadang menang.

Tepat pada 12 Februari 2016 silam, kemenangan Zola-Fachrori di Pilgub Jambi kemudian dilantik di istana Jakarta. Zola yang sebelumnya adalah seorang Bupati Tanjung Jabung Timur Jambi itu berhasil menjadi gubernur ketika mengambil pasangan Fachrori. Kedua orang ini pun akhirnya sukses menjadi orang nomor satu di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah (Provinsi Jambi).

Usai menjabat gubernur dan wakil gubernur, Zola dan Fachrori menjadikan program Jambi Tuntas 2021 sebagai visi misi kepemerintahan mereka. Dalam program Jambi Tuntas itu menjadikan mereka tercatat sebagai pemimpin Jambi ketika menang dalam Pilkada.

Namun tak berselang lama memimpin sebagai Gubernur Jambi. Zumi Zola akhirnya ditangkap dan dijebloskan ke penjara oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas kasus dugaan suap RAPBD Jambi 2018. Zola ditahan KPK tepat pada 9 April 2018 silam. Kala itu roda kepemimpinan pemerintah diambil oleh Fachrori Umar.

Baca juga:  Tanda Tanya Kematian Pemerkosa dan Pembunuh Rangga di Aceh Timur

Meskipun sendirian memimpin Jambi, Fachrori tentu harus merampungkan semua visi misi mereka dalam program Jambi Tuntas 2021. Lalu apa saja program Jambi Tuntas 2021 itu.

Dikutip dari laman Website Pemerintah Provinsi Jambi yakni jambiprov.go.id tercatat Program Jambi Tuntas 2021 itu memiliki Visi terwujudnya Provinsi Jambi yang Tertib, Unggul, Nyaman, Tangguh, Adil dan Sejahtera 2021 dengan disingkat JAMBI TUNTAS 2021.

Misi

  1. Meningkatkan Tata Kelola Pemerintahan daerah yang bersih, transparan, akuntabel dan partisipatif yang beorientasi pada pelayanan publik.
  2. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang sehat, terdidik, berbudaya, agamis dan berkesetaraan gender.
  3. Menjaga sitausi daerah yang kondusif, toleransi antar umat beragama dan kesadaraan hukum masyarakat.
  4. Meningkatkan daya saing daerah melalui optimalisasi pembangunan ekonomi kerakyatan yang didukung oleh penerapan ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi (IPTEKIN) berwawasan lingkungan.
  5. Meningkatkan aksebilitas dan kualitas infrastuktur umum, pengelolaan energi dan sumber daya alam yang berkeadilan dan berkelanjutan.
  6. Meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.

(Red) 

 

Tags

Related Articles

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
>
Close
Close