ADVMuara Bungo

Gubernur Jambi Panen Cabai Merah di Mangun Jayo

Puji Inovasi Bupati Bungo

Kerincitime.co.id, Bungo – Usai menanam dan panen raya padi sawah di Dusun Empelu, Kecamatan Tanah Sepenggal, Kabupaten Bungo. Gubernur Jambi Al Haris bersama Bupati Mashuri melanjutkan panen cabai merah.

Panen cabai merah di lahan seluas 3 hektar di Dusun Mangun Kayo, Kecamatan Muko-muko Bathin VII, Bungo, Kamis (30/05/2024) siang itu, juga dihadiri para pimpinan Forkopimda Bungo.

Gubernur Al Haris mengatakan upaya yang dilakukan Bupati Bungo Mashuri menekan angka inflasi dengan gerakan tanam cabai merah merupakan inovasi yang patut diapresiasi.

Yaitu dengan menyediakan lahan kepada kelompok tani untuk bertanam salah satu kebutuhan dapur tersebut.

“Kita bangga melihat langkah yang diambil Bupati Bungo mendorong kelangkaan cabe di tengah masyarakat, ini inovasi baru. Ia menyediakan lahan untuk kelompok tani bertenam cabe merah,” kata Al Haris.

Baca juga:  Antisipasi Inflasi Jelang Idul Adha, Gubernur Al Haris Kumpulkan TPID se-Provinsi Jambi

Al Haris menjelaskan jika setiap daerah di Kabupaten/Kota di Jambi menyediakan lahan yang dikelola kelompok tani untuk bertanam cabai, maka hal tersebut dapat membantu kebutuhan pasokan cabai dan menekan angka inflasi.

“Kalau 10 Kabupaten dan kota menyediakan lahan 10 hektar saja, maka di Provinsi Jambi kita sudah punya 100 hektar lahan dan itu kita berikan kepada kelompok tani untuk mengelolanya, dan mereka menanam tanaman yang dapat menurunkan inflasi, maka angka inflasi dapat kita kendalikan,” ujar Al Haris.

“Inovasi ini akan terus kita dorong dan kita bahas di tingkat provinsi, selanjutnya kita juga dorong Kabupaten/Kota ini menyediakan lahan untuk dikelola tanaman yang dapat menekan angka inflasi,” tambah Al Haris lagi.

Baca juga:  Gubernur Al Haris Tutup Gubernur Cup 1 Super Grasstrack Cirkuit MPK Bangko

Pada kesempatan itu, Gubernur Jambi Al Haris juga menyerahkan alat mesin pertanian berupa Cultivator kepada beberapa kelompok tani. (red)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button