Gubernur Resmikan Mulainya Pelebaran Jalan Sungai Penuh-Siulak Deras-Batas Sumbar

HBA dan Adirozal

HBA dan Adirozal

Berita JAMBI – Gubernur Jambi, Hasan Basri Agus (HBA), Senin (13/4), melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kabupaten Kerinci. Dalam kunjungan ini, gubernur meresmikan dimulainya pelaksanaan pelebaran jalan provinsi, Sungai Penuh-Siulak Deras-batas Provinsi Sumatera Barat, di halaman Kantor Camat Air Hangat, Kabupaten Kerinci.

Selain itu, gubernur juga meresmikan Jembatan Merah di Pulau Tengah, yang sudah selesai dibangun oleh Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi pada tahun 2014.

Gubernur mengatakan, dari awal menjadi Gubernur Jambi, sudah menetapkan pembangunan infrastruktur jalan sebagai prioritas utama pembangunan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi. Termasuk di Kerinci, Gubernur tak ingin jalan menuju provinsi tetangga, Sumatera Barat (Sumbar) lebih baik daripada jalan Kerinci-Jambi.

Dia juga berharap agar jalan sarana produksi bisa dibangun, yakni jalan dengan rigid beton jika jalan penghubung kecamatan dan kabupaten sudah selesai dibangun. Selanjutnya, gubernur menstarter alat berat untuk pelaksanaan pelebaran jalan, yakni grader, sebagai tanda dimulainya pekerjaan pelebaran jalan ruas Sungai Penuh-Siulak Deras-batas Provinsi Sumatera Barat.

Bupati Kerinci, Adirozal, dalam sambutannya meminta masyarakat untuk mendukung pekerjaan pelebaran jalan. Misalnya bersedia mengikhlaskan jika ada sedikit pagarnya yang kena, tanpa adanya keributan.

Sementara, dalam laporannya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Jambi, PB Panjaitan, yang disampaikan oleh Kepala Bidang Bina Marga, Arpan, mengatakan bahwa maksud pelebaran jalan Sungai Penuh-Siulak Deras adalah untuk mendukung Siulak Deras menjadi ibukota Kabupaten Kerinci, dan untuk itu telah dilakukan tahapan-tahapan, diantaranya: Perencanaan DED untuk pelebaran jalan, mulai dari Kota Sungaipenuh sampai Siulak Deras yang dilaksanakan tahun 2013.

Lalu melanjutkan pada tahun 2015 melalui APBD murni sebesar Rp 15 miliar untuk pekerjaan konstruksi. Jenis penanganan adalah pelebaran badan jalan dari existing sekarang lebar jalan 4,5 meter menjadi 7 sampai 9 meter sesuai existing yang ada, sepanjang 5 Km, mulai dari batas Kota Sungaipenuh/Simpang Belui ke arah Siulak Deras, dan selanjutnya diprogramkan setiap tahun akan dilakukan pelebaran badan jalan secara bertahap.

PB Panjaitan menuturkan paket pekerjaan Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungaipenuh tahun anggaran 2015, yakni: paket Jalan Batas Kerinci-Sanggaran Agung-Sungai Penuh, Jalan Kelok Sago-Lempur/Sanggaran Agung,  paket Jalan Siulak Deras-batas Provinsi Sumatera Barat/Letter W, panjang 2,0 Km, paket Jalan Sungaipenuh-batas Provinsi Sumatera Barat (Tapan) dengan dana DAK, panjang 7,5 Km. Lalu paket Jalan Sungai Penuh-batas Provinsi Sumatera Barat (Tapan) dengan dana APBD murni, panjang 3,5 Km.

Ada juga Jalan Keliling Danau (Sanggaran Agung-Jujun-Sungai Penuh, Jujun-Lempur), panjang 2 Km, penanganan longsoran Jalan Bangko-Batas Kerinci-Sungai Penuh (5 titik) dan pembangunan Jembatan Tumbuk II sepanjang 15 meter yang berlokasi di Tamiai.

PB Panjaitan mengatakan, secara keseluruhan alokasi dana yang dianggarkan untuk menangani pekerjaan jalan dan jembatan di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungaipenuh tahun anggaran 2015 senilai Rp 82 miliar lebih.

Tokoh Masyarakat Air Hangat, Hamidi, sangat mengapresiasi pembangunan jalan di bawah kepemimpinan HBA. Jalan Kerinci saat ini sudah bagus.

Ia juga sangat berterima kasih atas pembangunan yang telah banyak diberikan untuk Kerinci. Baru kali ini pemimpin Jambi yang sangat peduli pada Kerinci.

Reporter : Anton (Metrojambi)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Berita Terkait By Google News

Apa Komentar Anda Tentang Artikel Ini?

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful