Hasil Survei: Prabowo-Sandiaga Unggul di Empat Provinsi di Pulau Jawa

Kerincitime.co.id, Berita Jakarta – Lembaga Survei Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) merilis survei periode Januari. Proses survei dilakukan pada  8 sampai 14 Januari 2019.

Dilansir dari laman viva.co.id Direktur Eksekutif Puskaptis, Husin Yazid mengatakan, dari surveinya, pasangan calon presiden dan wakil presiden, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno unggul atas Joko Widodo-Ma’ruf Amin pada empat Provinsi di Pulau Jawa.

“Empat wilayah keunggulan Prabowo-Sandi diantaranya, di DKI Jakarta, Prabowo-Sandi mendapatkan angka sebesar 53,49 persen, sementara pasangan Jokowi-Ma‘ruf 38,37 persen. Jawa Barat pasangan Prabowo-Sandi  60,48 persen, untuk Jokowi-Ma‘ruf 28,23 persen. Wilayah Banten Prabowo-Sandi 60,23 persen dan Jokowi-Ma’ruf 31,82 persen. Keunggulan tersebut diperkuat Provinsi DI Yogyakarta, kedua pasangan Prabowo-Sandi 51,61 persen dan Jokowi-Ma’ruf 41,94 persen,” kata Husin di Jakarta Pusat, Selasa 29 Januari 2019.

Menurut Husin, keunggulan Prabowo-Sandi di empat provinsi karena rakyat lebih menyukai sosok pemimpin baru, ingin adanya perubahan.

“Prabowo-Sandi lebih mumpuni, pantas dan pro rakyat serta berkarakter tegas. Namun dua Provinsi lain yakni Jawa Tengah dan Jawa Timur pasangan Jokowi-Ma’ruf mengungguli pasangan nomor urut 02,” ucapnya.

  “Mengingat Pulau Jawa dengan jumlah pemilih terbesar sekitar 58,14 persen, atau sekitar 107.982.593 pemilih, menjadikan wilayah ini sebagai lumbung suara dalam memenangkan pertarungan di pilpres 17 April 2019,” katanya.

Husin menjelaskan, survei dilakukan secara proporsional di 34 Provinsi yang punya hak pilih dalam Pilpres 17 April 2019, yaitu mereka yang telah berusia 17 tahun atau sudah menikah dan terdaftar di KPU sebagai pemilih ketika survei dilakukan.

Survei dilakukan secara random di tingkat Kabupaten, kecamatan, kelurahan/desa, Kampung/RW/RT. Penyebaran wilayah di 50 persen perkotaan dan 50 persen perdesaan.

“Jumlah sampel responden yang diambil sebanyak 2.100, penentuan responden dilakukan secara random sistematis, dengan margin of error +/- 2,4 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Penarikan sampel dilakukan melalui metode multistage random sampling.” (bud)

 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Berita Terkait By Google News

Apa Komentar Anda Tentang Artikel Ini?

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful