HOT NEWSHukumKerinciSungai Penuh

Hati-Hati Kades Di Kerinci Dan Sungai Penuh, Dana Desa Rawan Korupsi

Dana desa
Dana desa

Kerincitime.co.id, Kerinci – LSM Nuansa Kerinci menilai pengelolaan dana desa Di kabupaten kerinci dan Sungai Penuh rawan dikorupsi. Salah satunya lantaran tidak efektifnya pengawasan pengalokasian dana desa dan tidak adanya sarana bagi masyarakat desa untuk melaporkan penyimpangan pengelolaan dana desa.

LSM Nuansa Anto menjelaskan bahwa aspek pengawasan, ruang lingkup evaluasi yang dilakukan masih belum jelas. Sementara dari aspek regulasi kelembagaan, bahkan KPK menemukan persoalan mengenai regulasi dan petunjuk pelaksanaan keuangan desa yang belum lengkap.

“KPK juga menemukan persoalan adanya potensi tumpang tindih kewenangan Kementerian Desa dengan Direktorat Jenderal Bina Pemerintah Desa Kementerian Dalam Negeri. Formula pembagian dana desa dalam PP NO. 22/2015 tidak cukup transparan dan hanya didasarkan atas dasar pemerataan, dan pengaturan pembagian penghasilan tetap bagi perangkat desa dari ADD yang diatur dalam PP nomor 43/2014 krg berkeadilan serta kewajiban penyusunan laporan pertanggung jawaban oleh desa tidak efisien akibat ketentuan regulasi dan tumpang tindih” jelasnya.

Baca juga:  Alisha Nur Alim Penderita Radang Otak dan Butuh Uluran Tangan Darmawan

Selain itu, transparansi rencana penggunaan dan pertanggung jawaban APBDesa masih rendah. Laporan pertanggung jawaban yang dibuat desa belum mengikuti standar dan rawan manipulasi. Serta APBDesa yang disusun tidak sepenuhnya menggambarkan kebutuhan yang diperlukan desa.

Pada aspek sumber daya manusia terdapat potensi persoalan yakni tenaga pendamping berpotensi melakukan korupsi, memanfaatkan lemahnya aparat desa, Dengan berbagai persoalan yang berpotensi terjadinya penyimpangan ini, dapat memicu instansi terkait untuk melakukan pembenahan dalam pengelolaan keuangan desa. dana desa harus mampu memajukan desa. “ditambahlagi SDM Kadesnya lemah, begitu juga aparatur desanya, kades harus ektra hati-hati” tegasnya. (saf)

[nug_data_corona data="indonesia" provinsi="Jambi" style="card"]

Related Articles

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
>

Dapatkan Berita Update "KERINCI TIME" Terbaru Setiap Harinya

Close
Close