Pendidikan

IAIN Kerinci Kolaborasi Internasional

Undang Prof. Claudia Molnar dari Hungaria sebagai Visiting Professor

Kerincitime.co.id, Sungai Penuh – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci semakin aktif dalam menjalin kerja sama internasional. Pada Jumat (17/5), IAIN Kerinci mengundang Prof. Claudia Molnar, ahli English Pedagogy dari University of Pannonia, Hungaria, untuk memberikan kuliah daring sebagai bagian dari program visiting professor. Kegiatan ini merupakan salah satu langkah konkret IAIN Kerinci dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan memperluas jaringan akademik internasional.

Acara yang dimulai pada pukul 19.00 WIB ini dibuka oleh Rektor IAIN Kerinci, Prof. Dr. H. Asa’ari, M.Ag. Dalam sambutannya, Rektor menyampaikan apresiasi kepada Prof. Claudia Molnar atas kesediaannya menjadi bagian dari program ini.

Baca juga:  Rekor Baru! Pendaftar PTKIN IAIN Kerinci Tahun 2024 Meningkat

“Kesediaan Prof. Claudia Molnar sebagai visiting professor merupakan kehormatan bagi kami dan langkah penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan di IAIN Kerinci,” ujarnya. Rektor juga menambahkan harapan agar kerja sama ini dapat berkembang ke arah kolaborasi penelitian dan publikasi internasional.

“Kami berharap Prof. Claudia Molnar dan staf akademik University of Pannonia dapat segera berkunjung ke IAIN Kerinci. Sebaliknya, dosen-dosen IAIN Kerinci juga diharapkan memiliki kesempatan untuk menjadi dosen tamu di Hungaria,” tambahnya.

Dalam kuliah daring tersebut, Prof. Claudia Molnar membahas sistem pembelajaran bahasa di perguruan tinggi Hungaria dengan pendekatan Communicative Language. Ia menekankan pentingnya kemampuan komunikasi dalam berbagai aspek kehidupan di abad ke-21.

Baca juga:  Rekor Baru! Pendaftar PTKIN IAIN Kerinci Tahun 2024 Meningkat

Kemampuan multitasking dalam komunikasi sangat diperlukan, seperti mendengarkan, menganalisis, dan mencatat poin-poin penting secara bersamaan,” jelasnya.

Selain kemampuan bahasa Inggris, Prof. Claudia juga menyoroti pentingnya keterampilan menulis bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan studi di Hungaria. “Kompetensi menulis sangat diperlukan untuk menyelesaikan tugas dan penelitian selama studi di Hungaria,” tuturnya.

Kegiatan kuliah daring ini dihadiri lebih dari 40 peserta, termasuk mahasiswa S1, S2, serta dosen IAIN Kerinci. Kesuksesan acara ini diharapkan dapat memperkuat kerja sama internasional antara IAIN Kerinci dan University of Pannonia, memberikan manfaat signifikan bagi pengembangan pendidikan di kedua institusi.

Dengan terus memperluas jaringan dan kolaborasi internasional, IAIN Kerinci berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan menciptakan lulusan yang kompeten dan siap bersaing di kancah global. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button