Inilah Kesimpulan Dan Rekomendasi Dialog Budaya Alam Kerinci

1. budi pidato

KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
DIALOG BUDAYA KERINCI

DI AULA HOTEL KERINCI, KAMIS, 16 JANUARI 2014

 TEMA

STRATEGI PELESTARIAN BUDAYA KERINCI

 

Setelah mempertimbangkan secara terpadu isi pidato ketua panitia, pidato ketua DPRD Kabupaten Kerinci, ketua DPRD Kota Sungai Penuh, pandangan tokoh  budaya, tokoh adat, tokoh pemuda dan materi dari para narasumber, aspirasi yang berkembang dalam dialog budaya kerinci dan sumbangan pemikiran tim perumus maka diperoleh kesimpulan dan rekomendasi sebagai berikut:

budi serahkan cindera mata figura incung dan batik incung untuk panelis dan tokoh masyarakat kerinci

KESIMPULAN

Budaya Kerinci yang merupakan hasil karya masyarakat Kerinci dalam sejarah perkembangannya telah banyak dikenal di tataran nasional dan internasional merupakan sumber nilai, inspirasi dan dasar interpretasi kehidupan bermasyarakat,  wajib diaktualisasikan ke dalam proses pembangunan yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah khususnya Pemerintah Kabupaten Kerinci dan Pemerintah Kota Sungai Penuh yang merupakan institusi penyelenggara administrasi di Sakti Alam Kerinci.

Budaya Kerinci adalah hasil permufakatan masyarakat atau sekelompok masyarakat yang digali dari unsur cipta, rasa, dan karsa suku Kerinci, sehingga tidak ada satupun yang bertentangan dengan kebihinnekaan budaya dan agama di Indonesia. Karena di Kerinci Agama Islam adalah sumber inspirasi dari budaya Kerinci.

H.Liberty baca puisiDalam rangka strategi pelestarian budaya Kerinci, maka budaya Kerinci perlu ditranformasikan secara kritis, rasional, dan kontekstual menjadi sesuai dengan norma-norma yang berfungsi sebagai petunjuk dan pedoman ke arah tercapainya kehidupan budaya Kerinci di tengah-tengah  kehidupan dan pergaulan bagi seluruh masyarakat Kerinci. Untuk mencapai semuanya diperlukan langkah-langkah strategis sebagai berikut:

  1. Langkah strategi umum diperlukan adanya lembaga khusus dan independen yang berwenang sebagai pembina, pengembang dan pembudaya kebudayaan daerah Kerinci.
  2. Langkah strategis khusus:
  • Dalam bidang hukum adat, para tokoh adat harus mendorong dan berinisiatif memuat kesepakatan adat untuk menegakkan kaidah hukum adat sesuai dengan hukum adat di wilayah adat masing-masing.
  • Dalam bidang seni budaya daerah, pemerintah Kabupaten Kerinci dan pemerintah Kota Sungai Penuh  wajib memfasilitasi berdirinya pusat-pusat pengembangan seni kebudayaan daerah sehingga perkembangan seni budaya kerinci dapat berkembang dengan prinsip inovatif, kreatif dan dinamis yang tidak bertentangan dengan nilai-nilai budaya Kerinci.
  • Dalam bidang sejarah Kerinci, penggalian budaya Kerinci adalah upaya untuk mempertahan jati diri serta mendapatkan identitas masyarakat Kerinci sehingga kebanggaan sebagai warga Kerinci tidak padam.

raisul dan leo candraREKOMENDASI

  1. Pemerintah Kabupaten Kerinci dan Pemerintah Kota Sungai Penuh sebagai representasi dari masyarakat Kerinci didorong untuk segera merealisasikan:
  • Terwujudnya Lembaga Khusus dan Independen yang berwenang sebagai pembina, pengembang dan pembudaya nilai-nilai budaya Kerinci dalam hal ini Dewan Kebudayaan Kerinci.
  • Terwujudnya pembangunan Rumah Budaya di masing-masing wilayah administrasi pemerintah di Sakti Alam Kerinci.
  • Terwujudnya program Kampung Peradaban di di masing-masing wilayah administrasi pemerintah di Sakti Alam Kerinci minimal 1 per wilayah.
  1. Pemerintah dan masyarakat Kerinci wajib segera mewujudkan tumbuhnya pusat-pusat pelestarian budaya Kerinci secara mandiri, inovatif, kreatif dan dinamis.
  2. Kegiatan Dialog Budaya Kerinci kiranya dapat dilaksanakan secara rutin minimal satu kali dalam satu tahun.
  3. Pengembangan Aksara Incung Kerinci dan budaya daerah menjadi bahan pelajaran muatan lokal yang diajarkan di setiap jenjang pendidikan.
  4. Mendesak Pemerintah Daerah Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh untuk merenovasi dan memfungsikan Gedung Empat Jenis.

Sungai Penuh, 16 Januari 2014

Atas Nama Peserta Temu Dialog Budaya Alam Kerinci

direktur bina potensia dan mahasiswa

 

 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Berita Terkait By Google News

Apa Komentar Anda Tentang Artikel Ini?

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful