Jafar : Mendagri Harus Tegur Keras Sekda Kerinci

Jafar Ahmad

Jafar Ahmad

Kerincitime.co.id,Berita Kerinci – Kehadiran Sekda Kerinci di acara silaturahmi akbar pasangan Adi Rozal-Ami Taher di kediaman Ami Taher, Semurup, Kerinci menuai polemik. Sekda dinilai tak wajar mendatangi acara yang berbau politik.

Pengamat Politik, Jafar Ahmad menilai, pemanfaatan birokrasi dalam politik lazim dilakukaan petahana di tiap pilkada. Dan yang berpotensi bisa menggerakkan ASN ya petahana.”Sebenarnya melibatkan ASN dalam pilkada sudah rahasia umum. Itu lazim dilakukan disemua daerah. Yang paling berpotensi menggerakkan ASN adalah patahana,” ujarnya.

Jafar mengatakan, meskipun dilarang, tapi pelibatan ASN di Pilkada pasti terjadi. Kalau tidak, tentu yang rugi adalah calon atau kandidat petahana.

“Kalau ada petahana yang tidak memanfaatkan ASN, tentu dia akan rugi sendiri. Walaupun secara UU tidak boleh, tapi itulah yang terjadi. Apalagi, kebanyakan ASN itu merupakan tokoh kunci ditengah masyarakat,”ujarnya.

Termasuk kehadiran Sekda diacara Adi Rozal-Ami Taher, Jafar menilai sangat wajar jika Sekda mendukung Adi Rozal. Apalagi, Adi Rozal merupakan atasan langsung Sekda.

“Saya tidak mengetahui dengan jelas kejadian malam tersebut. Akan tetapi jika malam itu Afrizal ada menyampaikan dukungan dengan pasangan tersebut, maka perlu di tindak lanjuti lagi. Kalau soal pelanggaran, ini masih belum masuk tahapan,”ujarnya.

Hanya saja, Jafar mengatakan secara etika Afrizal selaku Sekda tak baik menghadiri acara politik secara terbuka itu. Meskipun ia berdalih datang atas nama tokoh masyarakat, itu mencoreng sikap netral yang harus ditunjukkan ASN.

“Walaupun hadirnya sebagai tokoh masyarakat, itu tidak baik. Karena pada dirinya sudah melekat jabatan Sekda walaupun tidak memakai baju dinas sekali pun,”ujarnya.

Lanjutnya, disanksi atau tidaknya ASN tersebut, itu belum jelas sebab belum adanya tahapan kampanye, kalau dari sisi jadwal belum masuk, paling tidak hal itu di berikan teguran Keras.

“ASN tersebut harus diberikan teguran, itu di karenakan perbuatan tidak patut yang dilakukan olehnya,” pungkasnya. (serujambi)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Apa Komentar Anda Tentang Artikel Ini?

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful