Gaya Hidup

Jangan Khawatir Anak Balita Suka Ngupil, Ini Tipsnya

Kerincitime.co.id, Berita Mom – Ada-ada saja polah anak balita. Kadang menggemaskan, tapi sering juga membuat orang tua kaget bahkan malu! Misalnya saat si kecil suka memasukkan jarinya ke hidung lalu tanpa merasa berdosa ngupil bahkan saat sedang di depan orang lain. Hihihi…

Bila anak Anda melakukannya, tidak perlu khawatir ya, Moms. Apalagi langsung memarahi atau membentak si kecil.

“Setiap balita melakukannya, kok,” kata Mike Dickinson –Kepala Bagian Pediatri di Rumah Sakit Daerah Miramichi di New Brunswick, Kanada– seperti dilansir Todays Parent.

Orang tua juga perlu memahami, ternyata, mengupil merupakan hal yang sangat lazim dilakukan anak di usia balita. Apa alasannya?

Baca juga:  Keren!!! Ada Tongkrongan Khas Nusantara Bernuansa Alam di Sungai Penuh

Alasan Anak Balita Suka Ngupil

Balita akan terdorong untuk mengupil setiap merasa ada sesuatu di dalam hidungnya. Ia mengupil untuk menghilangkan rasa gatal atau tidak nyaman, bisa juga karena ingin tahu ada apa sih, di dalam sana?

“Balita mungkin belum terampil menggunakan tisu untuk mengeluarkan kotoran hidung, jadi bayangkan betapa tidak nyamannya dan betapa inginnya mereka bisa mengeluarkan kotoran yang menempel di dalan sana,” tambah Dickinson.

Selain itu, seperti dikutip kumparanMom dari Baby Center, anak bisa saja suka mengupil karena merasa bosan atau stres. Namun, anak yang suka mengupil tidak sama dengan anak yang yang memiliki kebiasaan mengigit kukunya. Sebab, anak yang suka mengupil saat balita, belum tentu akan tetap suka mengupil hingga dewasa.

Baca juga:  Keren!!! Ada Tongkrongan Khas Nusantara Bernuansa Alam di Sungai Penuh

Meski begitu, bukan berarti Anda tidak perlu memperhatikan kebiasaan anak yang suka mengupil. Sebab, terlalu sering mengupil juga bisa merugikan anak.

Risiko Anak Terlalu Sering Ngupil

Anak yang sering mengupil bisa meningkatkan risiko pendarahan pada lubang hidungnya. Hal ini disebabkan akibat sensitifnya pembuluh darah yang ada di sekitar lubang hidung sehingga mudah terluka.

Apabila luka tersebut secara terus menerus terkena gesekan jari, dikhawatirkan hal ini bisa menyebabkan masuknya bakteri dan memicu infeksi kulit yang disebut impetigo. Pada beberapa kasus, impetigo perlu diatasi dengan antibiotik.

Karena itu, orang tua tetap perlu memperhatikan dan berusaha menghentikan kebiasaan anak mengupil. Bagaimana caranya?

Baca juga:  Keren!!! Ada Tongkrongan Khas Nusantara Bernuansa Alam di Sungai Penuh

Tips Hentikan Kebiasaan Anak Ngupil

Bila si kecil suka sekali ngupil, coba lakukan beberapa hal ini:

  1. Atasi alerginya atau kondisi yang dapat menimbulkan hidung anak berlendir
  2. Alihkan perhatian anak dengan berbagai aktivitas yang menyenangkan
  3. Jelaskan pada anak dampak mengupil tehadap kesehatan hidungnya
  4. Ajarkan anak cara mengeluarkan lendir atau kotoran dari hidung dengan cara yang benar. (Irw)

Sumber: Kumparan.com

Show More
Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
>