Nasional

Jokowi Ungkap Bangun RS Khusus di Pulau Galang Sebagai Respons Virus Corona

Kerincitime.co.id, Berita Jakarta – Presiden Jokowi mengungkapkan, pemerintah sedang menyiapkan rumah sakit khusus penyakit menular termasuk untuk menangangi pasien virus corona Covid-19, di Pulau Galang, Kepulauan Riau.

Namun, Jokowi mengatakan pemerintah tidak menbangun rumah sakit baru, melainkan merenovasi yang sudah ada.

“Saya tadi bilang tidak membangun ya. Fasilitas itu sudah ada tapi lama tidak digunakan, akan direnovasi dalam waktu yang sangat cepat,” ujar Jokowi di Istana Merdeka, dilanisr Suara.com, Jakarta (3/3/2020).

Renovasi rumah sakit tersebut menyusul kasus dua warga Depok yang terkena virus corona Covid-19, yang kekinian dirawat di RSPI Sulianto Saroso.

Karenanya, setelah RS tersebut direnovasi, Jokowi mengatakan Indonesia memiliki tempat alternatif penanganan pasien penyakit menular termasuk virus corona.

Baca juga:  Kerinci Jadi Pilot Project New Normal

“Persiapan kita di Pulau Sebaru, dan Pulau Galang di Natuna, sehingga ada pilihan-pilihan tidak semua harus dibawa ke satu tempat di Pulau Sebaru,” kata dia.

Ia mengatakan, RS hasil renovasi itu akan melengkapi kesiapan Indonesia guna menghadapi penyakit menuluar seperti Covid-19.

Jokowi menjelaskan, kekinian sudah ada 132 rumah sakit yang dilengkapi ruang isolasi untuk menghadapi virus corona.

“Meski sudah punya 132 RS yang punya ruang isolasi, kita juga perlu RS seperti di Pulau Sebaru atau Pulau Galang.”

Namun, Jokowi menjawab secara diplomatis ketika diajukan pertanyaan apakah renovasi RS di Pulau Galang tersebut diperuntukkan guna mempercepat penanganan virus corona.

Baca juga:  Rachland Nashidik: Kalian Dulu Demo Berjilid Jilid Minta SBY Diturunkan, Tak Ada dari Kalian Dipidana

“Ya karena memang kita ingin ada kecepatan. Saya ingin ada fasilitas yang memang betul-betul siap setiap saat,” kata dia. (Irw)

Tags
[nug_data_corona data="indonesia" provinsi="Jambi" style="card"]

Related Articles

Back to top button
>

Dapatkan Berita Update "KERINCI TIME" Terbaru Setiap Harinya

Close
Close