Kerinci Serahkan 428 Guru SMA ke Pemprov Jambi

Kerincitime.co.id, Sungai Penuh – Mulai Januari 2017 mendatang Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat di Kabupaten Kerinci akan dikelola oleh Pemerintah Provinsi Jambi. Pemkab Kerinci secara resmi telah menyerahkan 428 orang guru dan PNS SLTA ke Pemerintah Provinsi Jambi, di aula kantor Dinas Pendidikan Provinsi Jambi pada Jumat (30/9) pekan lalu.

Hal ni menyusul diberlakukannya Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 yang salah satu poinnya menginstruksikan pelimpahan kewenangan pendidikan menengah ke Pemerintah Provinsi.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kerinci Amri Swarta mengatakan, 428 orang guru dan pns yang diserahkan itu berasal dari 13 SMA dan 7 SMK di Kabupaten Kerinci. “Jumat kemarin sudah diserahkan oleh Sekda Kerinci mewakili Bupati ke pemprov jambi. Efektif berlaku 1 Januari 2017,” kata Amri melalui ponsel kemarin

Sementara itu, informasi yang diterima dari Sekretaris Daerah Kabupaten Kerinci, Afrizal HS, meski sudah diserahkan ke Pemprov Jambi, gaji guru dan PNS SLTA Kabupaten Kerinci, masih ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten Kerinci hingga bulan Desember mendatang. “Sampai desember gaji mereka masih di Kerinci,” kata Afrizal.

Menurut Afrizal, dampak langsung dari pelimpahan kewenangan pendidikan menengah ke Pemerintah Provinsi, salah satunya menghemat keuangan daerah. ABPD Kerinci akan hemat sekitar Rp3,4 miliar dengan pengalihan wewenang SMA sederajat tersebut.

“Kita bisa menghemat dana Rp. 3,4 milyar, itu dihitung dari gaji dan sertifikasi saja,” ungkapnya. (Tribunjambi)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Apa Komentar Anda Tentang Artikel Ini?

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful