Mamahami Makna Persatuan Untuk Kota Sungai Penuh

Berita Sungai Penuh, Kerincitime.co.id – Makna Persatuandalam keberagaman yang ada di Indonesia. Indonesia merupakan negara yang unik di dunia. Indonesia tidak hanya sebuah negara yang memiliki aneka suku bangsa, bahasa tapi juga agama.

Apa sebenarnya makna Persatuan dan mengapa hal ini harus dipahami oleh seluruh elemen bangsa. Apa yang telah melatar belakangi lahirnya dan pentingnya persatuan di Indonesia.

Persatuan juga diartikan perkumpulan dari berbagai komponen yang membentuk menjadi satu. Persatuan berasal dari kata satu yang berarti utuh atau tidak terpecah-belah. Persatuan mengandung arti “bersatunya macam-macam corak yang beraneka ragam menjadi satu kebulatan yang utuh dan serasi.”

Prinsip-prinsip persatuan dari keberagaman di Indonesia adalah 1. Prinsip Bhineka Tunggal Ika, Prinsip ini mengharuskan kita mengakui bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang terdiri dari berbagai suku, bahasa, agama dan adat kebiasaan yang majemuk. Hal ini mewajibkan kita bersatu sebagai bangsa Indonesia.

2. Prinsip Nasionalisme Indonesia; Kita mencintai bangsa kita, tidak berarti bahwa kita mengagung-agungkan bangsa kita sendiri. Nasionalisme Indonesia tidak berarti bahwa kita merasa lebih unggul daripada bangsa lain. Kita tidak ingin memaksakan kehendak kita kepada bangsa lain, sebab pandangan semacam ini hanya mencelakakan kita. Selain tidak realistis, sikap seperti itu juga bertentangan dengan sila Ketuhanan Yang Maha Esa dan Kemanusiaan yang adil dan beradab.

3. Prinsip Kebebasan yang Bertanggung jawab; Manusia Indonesia adalah makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Ia memiliki kebebasan dan tanggung jawab tertentu terhadap dirinya, terhadap sesamanya dan dalam hubungannya dengan Tuhan Yang maha Esa.

4. Prinsip Wawasan Nusantara; Dengan wawasan itu, kedudukan manusia Indonesia ditempatkan dalam kerangka kesatuan politik, sosial, budaya, ekonomi, serta pertahanan keamanan. Dengan wawasan itu manusia Indonesia merasa satu, senasib sepenanggungan, sebangsa dan setanah air, serta mempunyai satu tekad dalam mencapai cita-cita pembangunan nasional.

5.Prinsip Persatuan Pembangunan untuk Mewujudkan Cita-cita Reformasi; Dengan semangat persatuan Indonesia kita harus dapat mengisi kemerdekaan serta melanjutkan pembangunan menuju masyarakat yang adil dan makmur.

Bagi Defitra Eka Jaya (DEJ) Persatuan inilah yang akan membawa Sungai Penuh kedepan lebih maju, Baginya Siapa pun yang manjadi Wali Kota nantinya akan, bukan harus dirinya, maka persatuan merupakan kunci dari kemajuan.

“tidak harus saya, siapa saja yang jadi wali kota, yang penting komitmen persatuan untuk membangun kota sungai penuh dijadikan landasan pijakan untuk maju kedepan, dan saya akan dukung itu” kata DEJ.

Ia menganalogikan secara sederhana, kegiatan proyek pemerintah yang dibangun, seperti jalan lingkungan, jika antara pemerintah dan masyarakat tidak bersatu, maka pembangunan tersebut hanya menjadi milik pemerintah saja, sementara masyarakat tidak peduli. “ada proyek baru dikerjakan hari ini besok sudah di rusak oleh warga, ini pertanda tidak ada persatuan antara pemerintah dan masyarakat” katanya.

Begitu juga semua calon wali kota nantinya, siapa saja yang kalah harus mampu menerima dengan iklas dan mau mendukung program pemerintah. “mari kita sama – sama membangun kota sungai penuh ini menjadi kota yang maju” katanya. (ton)

 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Berita Terkait By Google News

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful