Mencuat Nama BBS Dan Sofyan Ali Untuk Duduki Posisi Wakil Gubernur Jambi

Kerincitime.co.id, Berita Jambi Fachrori Umar dipastikan tak lama lagi akan menduduki posisi Gubernur Jambi definitif. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tinggal menunggu putusan inkracht atau berkekuatan hukum tetap, untuk memproses penunjukan Fachrori Umar menjadi Gubernur Jambi definitif.

Sebelumnya, Gubernur Jambi nonaktif Zumi Zola divonis berdalah oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta, dsn dijatuhi hukuman 6 tahun penjara serta denda Rp 500 juta subsidair 3 bulan kurungan.

Zola pun telah menyatakan menerima putusan tersebut. Sementara itu jaksa KPK menyatakan masih pikir-pikir. Namun jika jaksa juga menyatakan menerima, maka putusan hakim Pengadilan Tipikor Jakarta tersebut akan menjadi inkracht.

Sementara itu, jika nantinya Fachrori telah diangkat menjadi gubernur definitif, maka posisi wakil gubernur akan kosong. Untuk pengisiannya, nanti partai-partai pengusung Zumi Zola-Fachrori Umar saat Pilgub Jambi 2015 lalu mengajukan dua nama yang nantinya akan dibahas di DPRD Provinsi Jambi.

Nama-nama calon Wakil Gubernur Jambi itu kini mulai jadi buah bibir di kalangan elit politik pasca vonis Zola. Beberapa nama bahkan sudah mencuat ke permukaan.

Informasi yang diterima metrojambi.com, nama Wakil Bupati Muaro Jambi Bambang Bayu Suseno (BBS) disebut-sebut menjadi salah satu kandidat. Sumber metrojambi.com mengatakan, PAN tetap menginginkan kader partainya untuk menduduki posisi tersebut.

“Awalnya akar rumput menginginkan H Bakri yang duduk, namun beliau sudah memastikan untuk tetap menjadi Anggota DPR RI. Sehingga muncullah nama Bambang Bayu Suseno (BBS) yang dinilai tepat untuk menduduki posisi ini,” sebut sumber.

Namun, BBS tak cukup mudah untuk mendapatkan posisi itu. Sebab, Zumi Zola dan Fachrori Umar di Pilgub Jambi 2015 lalu diusung oleh beberapa partai besar, mulai dari PAN, PKB, PBB, PPP, serta Hanura dan Golkar sebagai pendukung.

Informasi lain yang didapat Metro Jambi, partai-partai lain juga mengusulkan beberapa nama yang akan dipilih untuk menjadi calon wakil gubernur Jambi, salah satunya yakni anggota DPRD Provinsi Jambi Sofyan Ali dan Eka Marlina juga disebut-sebut masuk nominasi sebagai calon.

BBS sendiri saat dikonfirmasi metrojambi.com, Jumat (7/12), hanya menanggapi dingin kabar tersebut. Menurutnya, untuk menggantikan jabatan Wagub tergantung pada partai koalisi.

“Itu semua tergantung partai koalisi. Diharapkan nama yang disepakati adalah yang terbaik untuk Jambi,” ujarnya singkat.

Sementara itu, Ketua DPW PAN Provinsi Jambi H Bakri saat dikonfirmasi juga belum mau berkomentar banyak terkait pengisian posisi wakil gubernur jika nantinya Fachrori Umar telah diangkat sebagai gubernur definitif.

“Kita belum mau bicara terlalu jauh. Tunggu (Fachrori Umar, red) dilantik dulu lah,” ujar H Bakri saat dikonfirmasi metrojambi.com via ponselnya.

“Kita juga tidak mau berandai-andai. Kita ikuti mekanisme yang ada saja,” kata H Bakri menambahkan.

Namun demikian, H Bakri tetap berharap nantinya posisi wakil gubernur diberikan kepada PAN. “Kalau bisa tetap PAN. Namun kita tetap ikuti proses,” sebut H Bakri.

Ditanyakan siapa kader yang akan disiapkan PAN untuk diusulkan menjadi wakil gubernur nanti? H Bakri tetap tidak mau memberikan jawaban. “Siapa orangnya tetap berproses juga,” pungkasnya.

Sumber : Metrojambi

 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Apa Komentar Anda Tentang Artikel Ini?

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful