HOT NEWSKerinci

Musrenbang Desa Di Kec. Gunung Kerinci Diduga Fiktif, Masyarakat Dibodohi

Berita Kerinci, Kerincitime.co.id – Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, menyebutkan bahwa musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) Desa di sejumlah desa dalam Kecamatan Gunung Kerinci diduga fiktif.

Hal itu dikarenakan, banyak desa atau Kepala Desa yang melaksanakan Musrenbang tanpa melibatkan masyarakat luas di desa, melainkan hanya dihadiri oleh oknum Kades dan kroni- kroninya, sehingga aspirasi masyarakat tidak terserap.

Dan dengan itu dapat diduga bahwa penggunaan anggaran dana desa dan ADD banyak yang cacat hukum. Dan yang lebih ironis lagi, BPD pun tidak dilibatkan dalam merumuskan rencana pembangunan di desa mereka.

Diketahui, hasil Musrenbang desa tersebut telah dilaporkan ke tingkat Kecamatan Gunung Kerinci pada bulan Maret yang lalu. Informasinya, desa yang hasil Musrenbangnya fiktif salah satunya ialah Desa Air Betung, sebagaimana yang diungkapkan salah seorang BPD Air Betung Johan Idru.

Baca juga:  Parah! Jalan Simbur Naik Tanjabtim “Bak Kubangan Kerbau”

“Ya, jangankan masyarakat, kami BPD pun tidak dilibatkan dalam menyusun rencana pembangunan di desa, kades hanya mengundang kroni- kroninya saja sehingga bisa sesuka mereka” kata Johan kepada kerincitime.co.id.

Untuk itu, perlu adanya tindakan tegas dari pemerintah Kabupaten Kerinci untuk menindak oknum kades yang melakukan penyimpangan dan pembodohan terhadap masyarakat tersebut.

Dan khusus untuk Desa Air Betung, hingga kini, kasus dugaan korupsi dana desa masih ditangani pihak inspektorat Kabupaten Kerinci. Dan jika tidak segera dilakukan tindakan tegas terhadap oknum kades Air Betung ini, maka masyarakat akan membawa kasus ini ke ranah hukum pidana. (Cr4)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button