MeranginNasional

Penyuling Cuka Kayu Posyantek Desa Guguk Masuk 10 Besar Lomba TTG Nasional

Kerincitime.co.id, Berita Merangin – Kabupaten Merangin masuk nominasi 10 besar lomba inovasi Alat Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat nasional 2021. TTG yang diikutkan lomba berupa drum Penyuling Cuka Kayu.

Pengoperasian TTG Drum Penyuling Cuka Kayu tersebut, disaksikan Bupati Merangin Mashuri bersama rombongan di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Merangin, Selasa (07/9/21) kemaren.

‘’TTG yang diciptakan Posyantek Desa Guguk Kecamatan Renah Pembarap ini sangat bagus sekali. Alat ini benar-benar sangat tepat guna, karena bahan bakunya sangat banyak sekali di Merangin,’’ ujar Bupati.

TTG Drum Penyuling Cuka Kayu tersebut lanjut bupati, memanfaatkan limbah kayu untuk diolah menjadi cairan. Cairan yang dihasilkan itu bisa dimanfaatkan untuk mengusir lalat, menjadi pupuk tanaman dan hand sanitizer.

Pemkab Merangin jelas bupati, sangat memberi apresiasi dan memfasilitasi terciptanya alat TTG tersebut. ‘’Untuk uji kemampuan dan kegunaannya sudah dilakukan, menang sangat tepat guna,’’ terang Bupati.

Mashuri akan membantu dalam proses produksi alat TTG Drum Penyuling Cuka Kayu itu, apabila nanti berhasil menjadi yang terbaik pada lomba inovasi TTG tingkat nasional.

‘’Kita siap mencarikan investor untuk memproduksi alat canggih ini. Nanti untuk paten alat ini kita daftarkan. Jika paten juga telah dimiliki artinya alat ini sudah siap diproduksi,’’ jelas Bupati. (Irw)

Sumber: Jernih.id

 

Show More
Back to top button
>