Pariwisata/Budaya

Rp. 6 Miliar Untuk Rehab Mesjid Agung Pondok Tinggi

Berita Sungai Penuh – Mesjid Agung Pondok Tinggi, Kota Sungaipenuh sudah mulai Agustus dilakukan pemugaran atau rehab hingga Desember 2015 mendatang.

Proses rehab mesjid tertua di Kerinci dan Sungaipenuh ini akan menggunakan kucuran dana dari Kementerian Kebudayaan RI, sebesar Rp 6 miliar.

Ini dikatakan oleh Ketua Pembangunan Mesjid Agung Pondok Tinggi, Rusman Jamal. Menurut dia, semenjak menjadi pengurus mesjid pada 2011 lalu, dia selalu berupaya melakukan perbaikan dan mendatangkan dana dari pusat, hingga akhirnya tahun ini pihaknya mendapat bantuan dana APBN Kementerian Kebudayaan sebesar Rp 6 miliar.

Ia menambahkan, rehab akan dikerjakan oleh rekanan dari Bandung, Jawa Barat dan Balai Pelestarian Cagar Budaya Jambi.

“Rekanan yang mengerjakan bangunan ini memang professional. Pak Unang akan membawa enam rekannya, yang memiliki spesialisasi yang berbeda,” terangnya.

Dikatakannya, pemugaran ini tidak akan mengubah bentuk asli bangunan mesjid, hanya saja kayu yang sudah lapuk, atap, dan bagian lainnya, akan diperbaiki dan diganti dengan material yang lebih baik. Tiang yang miring akan dibongkar dan distel ulang.

“Atapnya nanti akan didatangkan langsung dari Pulau Jawa. Katanya anti karat dan lebih kuat serta meredam suara. Demikian juga marmar di bagian pekarangan, akan diganti dengan marmar khusus yang didatangkan dari luar Kerinci,” jelasnya. (metrosakti)

 

[nug_data_corona data="indonesia" provinsi="Jambi" style="card"]

Related Articles

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
>

Dapatkan Berita Update "KERINCI TIME" Terbaru Setiap Harinya

Close
Close