InternasionalJambiNasional

Sedikit Rahasia Masjidil Haram

Kerincitime.co.id, Berita Makkah – Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi adalah masjid terbesar di dunia. Tidak semua tempat dijelajahi jamaah , padahal sudut-sudutnya punya rahasia.

Karana faktor lokasi hotel, kebanyakan jamaah  baik umrah atau haji, selalu masuk dari pintu King Fahd Gate dan King Abdul Aziz Gate. Padahal itu baru 2 dari 95 pintu masjid yang ada di sana.

Area yang dilewati jamaah menuju Ka’bah, ya itu-itu saja. Namun jika ada waktu, cobalah menjelajahi masjid suci ini, ada banyak hal menarik yg ditemukan di sana.

H Abu Bakar (Kerincitime.co.id/Irwan)

 

Tempat Wudhu Dekat Ka’bah.

Ini anggapan keliru semua jamaah umrah: tempat wudhu Masjidil Haram cuma ada di luar dan itu jauh sekali. Tidak heran, jamaah yang batal wudhu suka berwudhu dengan air minum.

Padahal, ada banyak tempat wudhu di dekat Kabah. Tidak percaya? Kalau Anda berada di dekat Kabah, perhatikan semua tangga besar dan lebar dari lantai 1 untuk turun ke pelataran Kabah. Ada 5 di berbagai arah Kabah. di bawah semua tangga besar ini tersembunyi tempat wudhu. Jadi jamaah tidak perlu repot-repot pergi ke luar masjid.

Baca juga:  Vanessa Angel Melahirkan Anak Pertama

Tempat Menonton Tutorial Umrah.

Lazim nya jamaah didampingi pembimbing agama saat umrah dan haji. Tapi bagaimana dengan jamaah negara lain yang yang tiada pengelola atau yang ingin lebih detail

Jangan bingung, Masjidil Haram menyediakan tontonan video tutorial umrah. Jamaah boleh menonton video tutorial ini, supaya tahu bagaimana melakukan Tawaf dan Sai dengan benar. Tempat nya ada di dekat pintu Gate 74.

Bagi-bagi Buku Agama Gratis.

Dapat buku-buku agama gratis?  Tidak banyak jamaah  tahu kalau ada tempat bagi-bagi buku agama gratis di Masjidil Haram. Buku ini terdiri dari panduan umrah dan kumpulan doa-doa. Jamaah  boleh meminta buku-buku dengan gratis. Tempat pembagian buku ini ada di dekat pintu Gate 74.

Panduan Streaming Khutbah Jumaat Via Audio

Baca juga:  Rekor Terbaru Corona RI Melonjak 2.657 Orang

Solat Jumat di Masjidil Haram adalah pengalaman tiada duanya bagi umat Islam di seluruh dunia. Tapi kalau tidak boleh bahasa Arab, bagaimana memahami khutbahnya?

Jangan khawatir, kamu boleh mendengarkan streaming audio terjemahan khutbah. Modalnya cukup punya handphone yang aplikasi radio dan guna earphone.

Terjemahan khutbah tersedia dalam bahasa Inggris, Prancis, Urdu dan  bahasa Indonesia. Informasi panduan audio ini tersedia di dekat pintu Gate 74.

Khutbah Jumat dengan bahasa Isyarat.

Untuk jemaah kurang upaya yang berkomunikasi dengan bahasa isyarat, ada spot khusus untuk solat Jumaat. Tidak besar, tapi boleh menampung sekitar 10 jamaah. Lokasinya ada di dekat pintu Gate 93.

Saat solat di sini, akan ada petugas yang menerjemahkan khutbah Solat Jumat dengan bahasa isyarat. Wah, sangat membantu nih!

SPBU Zam-Zam

Seluruh air minum di dalam Masjidil Haram adalah air zam-zam yang sumber airnya ada di bawah tanah Masjidil Haram. Jamaah boleh minum dari ratusan galon yang diedar di seluruh masjid. Galon-galon ini diisi secara berkala dan diantar petugas dengan kereta dorong.

Baca juga:  Viral Mobil Berplat Indonesia 2 Isi BBM di Pinggir Jalan

Tapi tahu kah, zam-zam ini dibawa dari mana? Kalau mahu tahu, kamu pergi saja ke pintu Gate 93.

Di dekatnya, kamu boleh melihat pusat pengisian air zam-zam. Petugas mengisi air dengan  nozel seperti di pum petrol. Air disalurkan dari mesin pendingin, itu sebabnya air zam-zam rasanya seperti air es kosong.

Ekskalator ke Lantai Atas Masjid

Sholat di lantai atas Masjidil Haram, Tapi tidak banyak jamaah yang tahu aksesnya.

Padahal, ada eskalator yang mengantar jamaah langsung ke bumbung Masjidil Haram. Lokasinya ada di dekat pintu Gate 91.

Sholat di lantai atas Masjidil Haram terkadang jadi pilihan jamaah yang tahu letak eksalatornya untuk salat Isya atau Subuh. Sebab pada siang hari, lantai atas Masjidil Haram panas sekali. (Irw)

Tags
[nug_data_corona data="indonesia" provinsi="Jambi" style="card"]

Related Articles

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
>

Dapatkan Berita Update "KERINCI TIME" Terbaru Setiap Harinya

Close
Close