GadgetTeknologi

Tanggal Rilis, Harga, fitur, dan Spesifikasi Apple iPhone 15

Kerincitime.co.id – IPhone 15 mungkin masih jauh di masa depan, tetapi Apple sedang mempersiapkan perubahan besar-besaran dan kami sudah mendapatkan bocoran dan rumor pertama.

Lantas apa saja yang baru di seri iPhone 15 dan kapan hadirnya? Keluarga iPhone 15 diperkirakan akan diluncurkan pada musim gugur 2023 dengan menampilkan empat model, sama seperti seri iPhone 14. Beberapa perubahan desain kecil akan terjadi, tetapi perubahan yang lebih besar akan terjadi di bagian dalam.

Berikut ringkasan singkatnya: yang pertama dan termurah adalah iPhone 15 6,1 inci, lalu iPhone 15 Plus 6,7 inci yang lebih besar dengan baterai yang lebih besar, lalu iPhone 15 Pro 6,1 inci dengan chip yang lebih cepat dan kamera yang lebih baik dan fitur canggih lainnya, dan yang termahal dalam kelompok itu adalah iPhone 15 Ultra yang besar dan bertenaga. Ya, Ultra. Apple menggunakan nama Pro Max sebelumnya, tetapi kemungkinan akan beralih ke “Ultra” untuk menandakan peningkatan yang lebih besar pada model ini, tetapi mungkin juga dengan harga yang lebih tinggi.

Keempat model juga akan hadir dengan konektor tipe USB-C, menggantikan port Lightning yang telah digunakan Apple selama hampir satu dekade! Sebagian besar gadget lain di dunia menggunakan port USB-C, jadi ini sebenarnya dapat membantu mengurangi kekacauan di laci Anda. Mungkin juga Apple mengganti volume fisik dan tombol power dengan tombol haptic, seperti tombol Touch ID pada seri iPhone 7/8!

Apa lagi yang baru? Dan bagaimana seri iPhone 15 akan berubah dari iPhone 14? Baca terus untuk detailnya! Dan jangan lupa bahwa kami terus memperbarui halaman ini saat info baru masuk.

Tanggal rilis iPhone 15

Apple mengikuti jadwal ketat yang tidak berubah selama bertahun-tahun: iPhone baru selalu diumumkan pada awal September dan tiba satu setengah minggu setelah pengumuman.

Kami berharap Apple tetap berada di jalur ini dengan tanggal rilis iPhone 15, sehingga kami dapat memprediksi peluncuran akan terjadi pada Selasa, 12 September 2023, dengan rilis di toko pada Jumat, 22 September.

Tentu saja, terlalu dini untuk memprediksi ini dengan kepastian yang masuk akal dan tanggal ini didasarkan pada jadwal tahunan Apple yang biasa daripada informasi yang bocor.


harga iPhone15

Meskipun kami mengetahui beberapa detail seputar fitur-fitur baru di iPhone 15, kami belum mengetahui harganya, dan sejujurnya, dengan inflasi saat ini yang akan agak sulit diprediksi sedini ini.

Namun, jika kami harus menebak, kami akan mengatakan bahwa Apple kemungkinan akan tetap dengan harga yang sama dengan model generasi sebelumnya, dengan kenaikan harga yang mungkin diharapkan untuk model Pro Max/Ultra.

Desas-desus terbaru berspekulasi bahwa model iPhone 15 Ultra akan mengalami kenaikan harga dan harga awal model itu bisa $1.200 atau bahkan $1.300! Itu satu atau dua Benjamins lebih dari harga awal iPhone 14 Pro Max saat ini $ 1.100.

nama iPhone15

Media dan bocoran semuanya menyebut seri iPhone 2023 mendatang sebagai “iPhone 15”.

Ini kemungkinan besar akan menjadi nama akhir karena dalam beberapa tahun terakhir Apple tidak menggunakan ekstensi “S”, jadi iPhone 14S sepertinya sangat tidak mungkin.

Maka diharapkan keempat nama model seri iPhone 15 adalah sebagai berikut:

Baca juga:  Duel HP Murah Rp 1 Jutaan, Oppo A16 vs Vivo Y16

iPhone 15
iPhone15 Plus
iPhone 15 Pro
iPhone 15 Ultra atau iPhone 15 Pro Max

Bagus dan sederhana, bukan?

Sedangkan untuk rebranding nama model iPhone 15 Ultra belum bisa dipastikan, namun Apple terus memperkenalkan produk baru dengan nama “Ultra” di tahun 2022 dan ini mungkin iPhone “Ultra” pertama. Namun, tidak ada yang pasti, dan Apple masih mungkin menyebut versi berikutnya ini hanya iPhone 15 Pro Max, jadi ingatlah itu.

kamera iphone 15

Bocoran sejauh ini menyepakati bahwa model iPhone 15 dan 15 Plus akan tetap dengan dua kamera di bagian belakang, model Pro akan memiliki tiga kamera belakang dan model Ultra akan memiliki empat kamera belakang.

Baik iPhone 15 Pro dan Ultra diharapkan berbagi lensa zoom 3X, tetapi Ultra juga diharapkan memiliki lensa keempat yang baru. Analis mengatakan itu bisa menjadi penembak 12MP dengan teknologi zoom periskop 6X, yang pertama di iPhone.

 

Rumor menarik lainnya dari Januari 2023 menunjukkan bahwa seri iPhone 15 akan mengadopsi sensor kamera utama 48MP dari seri iPhone 14 Pro, yang akan menjadi peningkatan besar bagi mereka. Jika benar, ini mungkin berarti model iPhone 15 biasa akan mendapatkan zoom 2X menggunakan pemotongan sensor juga.

Kamera yang benar-benar inovatif, bagaimanapun, adalah lensa periskop zoom 6X yang dikabarkan pada versi iPhone 15 Ultra. Terakhir kami dengar, laporan mengklaim Lante Optics, salah satu perusahaan yang dikabarkan memasok lensa zoom ke Apple, terus meningkatkan kapasitasnya untuk prisma yang diperlukan untuk membuat lensa ini.

Rumor baru lainnya yang menarik menyebutkan bahwa Sony telah mengembangkan sensor baru yang akan digunakan Apple untuk kamera utama iPhone 15. Sensor baru ini diduga dapat menggandakan tingkat sinyal saturasi, yang berarti dapat mengumpulkan cahaya dua kali lebih banyak. sebagai sensor arus. Ini pada gilirannya akan membantu meningkatkan jangkauan dinamis dan menurunkan tingkat kebisingan dalam foto.

Kami akan memperbarui bagian ini dengan informasi baru karena tampaknya detail seputar kamera ini akan terus bocor.

penyimpanan iPhone15

Apple telah melengkapi semua model iPhone dengan penyimpanan 128GB sebagai basis, dan kami berharap ini tetap dengan rilis iPhone 15.

Jadi model reguler iPhone 15 dan 15 Plus diharapkan mulai dengan penyimpanan 128GB, sama seperti iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Ultra.

Kapasitas penyimpanan iPhone 15/15 Plus:

128 GB
256 GB
512 GB

Kapasitas penyimpanan iPhone 15 Pro / 15 Ultra:

*128GB
256 GB
512 GB
1 TB

 

desain iPhone15

Model iPhone 15 Pro menukar baja tahan karat dengan titanium yang jauh lebih ringan

Sejauh ini, kami belum melihat gambar atau rendering awal dari seri iPhone 15, tetapi gajah di dalam ruangan harus menjadi peralihan yang dikonfirmasi secara praktis ke port USB-C dari Lightning.

Selama bertahun-tahun, Apple menolak menggunakan port USB-C di iPhone, meskipun menggunakan satu untuk iPad (pertama di iPad Pro pada 2018) dan Macbook (pertama pada 2015), tetapi peraturan baru dari Komisi Eropa akhirnya memaksanya untuk membuat tombol. Ini berarti pengguna saat ini perlu mendapatkan kabel baru dan membuang kabel Lightning mereka, sesuatu yang mungkin tidak disukai banyak orang. Namun, kami yakin, dalam jangka panjang ini akan menjadi lebih baik karena sebagian besar gadget saat ini menggunakan port USB-C, jadi Anda tidak perlu khawatir untuk mendapatkan kabel yang berbeda untuk perjalanan Anda.

Baca juga:  Duel HP Murah Rp 1 Jutaan, Oppo A16 vs Vivo Y16

Salah satu orang dalam Apple yang paling andal, Mark Gurman, mengatakan bahwa USB-C “pada dasarnya adalah kunci” untuk iPhone 15. Orang dalam terkenal Ming-Chi Kuo juga mengonfirmasi hal ini.

Kecepatan transfer USB-C yang lebih cepat pada model iPhone 15 Pro

Pembicaraan terbaru tentang selentingan menunjukkan bahwa sementara semua model iPhone 15 akan beralih ke USB-C, tetapi model Pro juga akan mendukung kecepatan transfer yang lebih cepat sementara model vanilla akan tetap menggunakan kecepatan USB 2.0 lambat yang sama seperti yang mereka miliki dengan konektor Lightning. . Model Pro dikatakan mendukung setidaknya USB 3.2 atau Thunderbolt 3, yang berarti kecepatan transfer hingga 40 Gbps, bagus untuk memindahkan file besar seperti video ProRes misalnya.

Mengenai desain, kami berharap Apple tetap menggunakan apa yang berfungsi, yaitu tampilan dan ukuran yang familiar untuk iPhone. Meskipun model dasar akan tetap menggunakan rangka aluminium seperti sebelumnya, versi Pro akan menukar baja tahan karat yang digunakan sebelumnya dengan titanium, bahan yang jauh lebih ringan yang juga digunakan Apple pada produk lain seperti Apple Watch Ultra.

Titanium juga memiliki ketahanan gores yang luar biasa, karena titanium yang disikat menyembunyikan goresan mikro lebih baik daripada baja tahan karat.

Desas-desus lain yang sangat menarik menunjukkan bahwa model iPhone 15 Pro akan mengganti tombol volume fisik dengan tombol solid-state. Ya, tombol solid state tanpa bagian yang bergerak! Ini juga berarti Anda perlu menambahkan mesin taptic yang membantu mensimulasikan penekanan tombol nyata saat Anda menyentuh tombol haptic baru ini. Dan menambahkan bahan bakar ke api, pemasok Apple dan pembuat perusahaan Taptic Engine, Cirrus Logic, menggoda “pelanggan strategis” -nya akan membawa komponen baru pada paruh kedua tahun 2023! Beberapa rumor mengatakan hanya tombol volume yang akan mendapatkan perlakuan ini, sementara yang lain mengklaim bahwa tombol power juga akan dirombak dengan cara ini. Kami belum mendengar bagaimana ini akan bekerja ketika ponsel Anda kehabisan baterai dan apa artinya ini bagi pembuat kasing, tetapi kami penasaran.

Menariknya, Pulau Dinamis yang diperkenalkan Apple dengan model 14 Pro sekarang kemungkinan akan mengalir ke semua model iPhone 15, termasuk iPhone 15 dan iPhone 15 Plus yang lebih murah. Ini akan menandai akhir takik. Tidak hanya itu, analis mengklaim Apple sedang dalam proses transisi ke unit ID Wajah yang sepenuhnya di bawah layar untuk generasi berikutnya, seri iPhone 16. Itu pasti menyenangkan.

Saat ini, kami masih belum tahu banyak tentang pilihan warna iPhone 15. Kami berharap Apple tetap dengan apa yang dimilikinya sekarang, mungkin menambahkan beberapa sentuhan warna baru bagi mereka yang ingin mencoba sesuatu yang berbeda.

layar iPhone15

Apple tampaknya telah menemukan sweet spot untuk ukuran layar dan kami tidak mengharapkannya melakukan perubahan besar, jadi Anda akan memiliki ukuran layar 6,1 inci pada iPhone 15 dan 15 Pro, lalu layar 6,7 inci pada iPhone 15 Plus dan iPhone 15 Ultra.

Keempat model akan menggunakan layar OLED, tetapi sedikit perbedaan dalam kecerahan puncak mungkin akan tetap memberikan sedikit keuntungan pada model Pro dan Ultra.

Baca juga:  Duel HP Murah Rp 1 Jutaan, Oppo A16 vs Vivo Y16

Pertanyaan besarnya ada di sekitar ProMotion. Teknologi ini sebelumnya hanya tersedia pada model Pro, dan kami belum mendengar apakah Apple dapat mengubahnya di seri 15, tetapi kami tetap skeptis tentang itu.

Dengan pengenalan Pulau Dinamis, kami pikir semua spekulasi tentang kamera di bawah layar dan ID Wajah yang tidak terlihat dihentikan dan itu bahkan tidak lagi menjadi kemungkinan dalam waktu dekat.

Prosesor dan spesifikasi iPhone 15

Meskipun kami telah menyebutkan perbedaan antara model iPhone 15 biasa yang cenderung menggunakan chip yang lebih lambat, dan versi Pro dengan chip Apple A17 Bionic yang lebih cepat, ada satu hal yang mungkin dimiliki oleh keempat model: modem.

Harapkan untuk melihat modem buatan Qualcomm yang sama di keempat perangkat iPhone 15. Apple telah memiliki status musuh bebuyutan dengan Qualcomm, dan mencoba membebaskan diri dan mengembangkan modemnya sendiri, tetapi analis mengklaim itu terbukti lebih sulit dari yang diharapkan, jadi Qualcomm memang demikian.

Pembaruan tip lainnya adalah lompatan ke RAM 8GB untuk model Pro dan Ultra, sedangkan 15 dan 15 Plus kemungkinan akan tetap menggunakan RAM 6GB.

Konektivitas satelit memulai debutnya di iPhone 14, dan kami berharap Apple telah mengatasi kekusutan teknologi dan

Akankah Apple meningkatkan kecepatan pengisian daya dengan munculnya pengisian daya USB-C di iPhone? Kami tidak memiliki harapan yang tinggi, tetapi masuk akal untuk mengharapkan kecepatan pengisian sekitar 25W pada model yang lebih kecil, dan pengisian daya 30W untuk dua model yang lebih besar.

Keempat model iPhone 15 juga diharapkan memiliki pengisian daya nirkabel MagSafe, solusi pengisian daya magnetis dari Apple yang cukup nyaman.

Fitur dan perangkat lunak iPhone 15

Keluarga iPhone 14 menandai pertama kalinya kami melihat Apple menggunakan prosesor yang berbeda untuk model Pro dan non-Pro, dengan model Pro dan Ultra mendapatkan chip terbaru dan versi non-Pro menggunakan prosesor generasi lama.

Kami berharap tren yang tidak menguntungkan ini juga berlanjut di seri iPhone 15, tetapi itu akan bergantung pada lingkungan manufaktur prosesor yang rumit. Pembuat chip TSMC yang memasok Apple dengan prosesor memulai produksi 3nm yang dapat digunakan dalam chipset Apple A17 Bionic, tetapi masih terlalu dini untuk mengetahui bagaimana skalanya, dan itu adalah salah satu faktor penting yang akan menentukan prosesor yang digunakan di iPhone 15 seri.

Kami akan memperbarui bagian ini dengan informasi baru saat masuk.

Haruskah saya menunggu iPhone 15?

Anda harus menunggu iPhone 15 jika Anda tertarik dengan USB-C. Menggunakan hanya satu kabel untuk semua perangkat Anda terdengar sangat menarik. Penggemar foto juga harus menabung untuk model iPhone 15 Ultra karena lensa periskop tersebut dapat menjadi pengubah permainan untuk fotografi dan videografi. Kemungkinan penambahan sensor 48MP bahkan untuk model vanilla, juga menjadikannya kamera yang jauh lebih baik, jadi itulah satu lagi alasan untuk menunggu peluncurannya.

Anda tidak boleh menunggu iPhone 15 jika Anda… tidak ingin menunggu! IPhone 15 diluncurkan pada September 2023! Ada banyak ponsel yang mumpuni, dan Anda mungkin juga tidak mengharapkan lompatan besar dalam kecepatan performa atau pengisian daya.(tec)

Back to top button
>