TP PKK Desa Pelayang Raya Membangun Desa

Kerincitime.co.id, Berita Sungai Penuh – Peran Pemberdayaan Dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) sangat menentukan dalam keberhasilan pembangunan Desa. Keasrian halaman, keindahan dan kenyaman halaman bahkan peningkatan ekonomi keluarga ditentukan oleh aktivitas TP. PKK.

Semakin aktif dan kreatif anggota PKK, maka akan semakin terlihat asri teratur dan nyaman. Hal tersebut diungkapkan Kepala Desa Pelayang Raya Kecamatan Sungai Bungkal Kota Sungai Penuh, H.Adnan Ahmad, pada acara penyerahan hadiah lomba HATINYA PKK bertempat di Mushala Nur Hidayah Dusun Lubuk Arai Desa Pelayang Raya (13/10).

TP.PKK sebagai perpanjangan tangan pemerintah sesuai fungsi dan tugasnya  memberi pembinaan terhadap keluarga dan masyarakat merupakan tenaga sukarelawan karena mereka bekerja secara iklas dan sukarela tanpa mengenal waktu.

Pada kesempatan yang sama Ketua TP.PKK Desa Pelayang Raya, Hj. Endar Hayati menyebutkan, seluruh program kerja yang ada di desanya sepanjang tahun 2018  telah  terlaksana sesuai harapan.

Diantaranya kegiatan  pelatihan  Sike Rebana,pelatihan Tata Rias wajah dan pelatihan sulam yang diikuti ibu-ibu rumah tangga dan remaja putus sekolah dengan tujuan untuk peningkatan ekonomi masyarakat serta menumbuh kembangkan usaha  rumahan (home industry) .

Disamping  itu berbagai  lomba juga diselenggarakan seperti lomba balita,  lomba MTQ, lomba penyelenggaraan memandikan jenazah, lomba HATINYA PKK   dengan melakukan penilaian  dari rumah ke rumah dan dari dusun ke dusun.

Hasil penilaian menetapkan pemenang juara 1 Dusun terbaik diraih oleh Dusun Lubuk Arai, juara 2 Dusun Koto Pandan, juara 3 Dusun jembatan 1 dan juara 4 Dusun Sungai Akar.

Sementara juara 1 lomba Dasa Wisma ( DW) terbaik di raih DW Cempaka Putih 2 disusul DW Mawar Merah 4 menempati juara 2 dan juara 3 di menangkan oleh DW Teratai Putih 1, juara 4 Anggrek Bulan 1, juara 5 Bunga Tanjung 1 dan juara 6 Melati 1.

Lomba Administrasi Dasa Wisma (DW) terbaik juara 1 diraih Dahlia 2, Juara kedua Melati 1, dan juara ketiga Bunga Tanjung 2.

Terakhir TP.PKK Desa Pelayang Raya menetapkan dan memberi penghargaan kepada 36 rumah terbaik  Desa Pelayang Raya. Klasifikasi terbaik adalah rumah  yang memenuhi persyaratan diantaranya  kelengkapan kegiatan PKK  yang ada di pekarangan rumah seperti ada warung hidupnya, ada lumbung hidup, ada PHBSnya, ada Apotik hidup, dan penghuni rumahpun   aktif mengikuti kegiatan yang  ada di Desa seperti keagamaan, Posyandu dan kegiatan Lansia. (emi/ADV)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Apa Komentar Anda Tentang Artikel Ini?

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful