Jambi

Warga Cemas Melintasi Jembatan Aurduri I Dalam Kondisi Rusak

Kerincitime.co.id, Berita Jambi – Warga yang melintas di Jembatan Aurduri I saat ini merasa cemas. Pasalnya, Jembatan yang sudah berumur 30 tahunan tersebut dalam kondisi rusak.

Pantauan Jambiseru.com media partner Kerincitime.co.id, hal ini ditandai dengan pemasangan spanduk peringatan bahwa kendaraan yang melintas maksimal 80 ton. Akan tetapi, saat ini spanduk tersebut sudah terputus.

Andi (25), karyawan salah satu perusahaan BUMN, sehari-hari melewati jembatan yang dibangun pada masa Gubernur Masychun Sofwan tersebut, ia harap-harap cemas saat melewatinya.

“Jembatan ini seperi tidak terawat, dilihat dari aspal sudah tidak bagus, sangat disayangkan jembatan yang sangat vital ini rusak,” ujarnya.

Sementara itu, Fitri warga yang rumahnya berada di samping jembatan mengatakan, bahwa sebelumnya jembatan tersebut memang bergoyang. Tapi, saat ini goyangnya parah.

Baca juga:  Viral!!! Burung Merpati Milik Warga Pekalongan Dijual Rp 1,5 Miliar

“Kata orang beberapa hari lalu, pilarnya itu sudah keropos, baut-baut jembatannya longgar,” katanya saat ditemui di rumahnya.

“Memang ada perawatan, palingan cuman dicat dan ngelas-ngelas dikit,” timpalnya.

Dari data yang didapat, jembatan dengan panjang 504 meter itu berada dalam kondisi rusak pada bangunan atas dan bawah, baut longgar dan lantai retak terutama pada bentang 4.

Bangunan bawah jembatan yaitu TP Baja mengalami keropos yang cukup parah. Kondisi lalu lintas yang padat juga mengakibatkan percepatan perusakan.

Hal tersebut berpotensi membahayakan jembatan dan penggunanya, dikhawatirkan terjadi keruntuhan. Ini membuat perlunya dilakukan upaya mengurangi padatnya kendaraan di atas jembatan dengan membuat jalur peralihan

Baca juga:  Al Haris, Anda Memang Top Markotop! Tak Biarkan Corona Merajalela

Dalam jangka menengah perlu dilakukan rehabilitasi jembatan, sementara jangka panjangnya perlu duplikasi jembatan atau pembuatan trase jalan baru.

Hingga berita ini ditulis, belum ada keterangan resmi dari pihak terkait soal kondisi jembatan Aurduri I ini. (Irw)

Show More
Back to top button
>