Gaya Hidup

5 Masalah Kesehatan Akibat Kebiasaan Tidur Miring dan Tengkurap

Kerincitime.co.id, Berita Kesehatan – Banyak yang belum menyadari bahwa posisi tidur bisa memengaruhi masalah kesehatan, seperti perut mulas dan nyeri punggung.

Artinya, orang tidak hanya membutuhkan posisi tidur yang nyaman. Orang juga perlu memikirkan posisi tidur yang aman untuk kesehatan.

Dalam hal ini, posisi tidur miring ke kanan dan tengkurap tidak disarankan. Hal itu karena posisi tidur tersebut bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Dilansir Suara.com jaringan Jambiseru.com media partner Kerincitime.co.id dari brightside.com, berikut ini masalah kesehatan yang berhubungan dengan posisi tidur salah, seperti tidur miring kanan dan tengkurap.

  1. Perut mulas

Tidur dengan posisi tubuh miring ke kanan dapat menyebabkan masalah Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) atau memperburuk masalah ini. Kondisi terjadi ketika asam dan isi dari lambung naik ke kerongkongan.

Katup yang mencegah asam keluar kembali dari lambung tidak dapat mengontrol refluks karena gravitasi pada posisi ini dan isi lambung dibawa ke dasar kerongkongan. Akibatnya, itu bisa menyebabkan mulas, kesusahan, rasa asam di dalam perut.

Lebih baik tidur miring ke kanan karena posisi tidur ini bisa mengurangi risiko perut mulas dan membuat GERD lebih lega.

  1. Sakit punggung

Tekanan pada punggung dan tulang belakang sepanjang malam dalam posisi tidur miring ke kanan bisa menyebabkan sakit punggung. Karena itulah, terkadang tubuh seperti mati rasa atau butuh peregangan jika ingin mengubah posisi.

Lebih baik, tidur dalam posisi telentang dengan dua bantal. Letakkan satu bantal untuk kepala dan satu lagi di bawah betis. Posisi tidur seperti ini dipercaya bisa mengurangi rasa sakit punggung.

  1. Leher kronis

Tidur tengkurap tidak hanya menyebabkan kesulitan bernapas, tetapi juga mengembangkan masalah leher kronis. Posisi tidur yang buruk dan konstan ini dapat merusak bagian gelatin dari cakram-cakram yang menyebabkan nyeri kronis.

Lebih baik, Anda tidur dalam posisi telentang jika mengalami nyeri tulang belakang kronis akibat radang sendi. Lalu, letakkan bantal kecil di bawah leher untuk meringankan beban dan tekanan.

  1. Kerutan wajah

Tidur miring tidak hanya berdampak pada kesehatan, tetapi juga menyebabkan kerutan di wajah. Hal itu karena tekanan pada satu sisi wajah dapat menyebabkan kerutan seiring berjalannya waktu.

Lebih baik tidur posisi telentang untuk menghindari kerutan. Posisi tidur seperti itu tidak akan memberikan tekanan pada salah satu sisi wajah mana pun.

  1. Tekanan payudara

Para ahli mengatakan bahwa dengan posisi tengkurap dapat memberikan tekanan pada dada atau payudara. Di sisi lain, tidur dengan posisi miring dapat menyebabkan payudara kendur seiring berjalannya waktu karena gravitasi secara alami menariknya ke bawah.

Cobalah tidur telentang untuk menjaga payudara tetap rileks, tanpa memberikan tekanan tambahan. (Irw)

Tags
[nug_data_corona data="indonesia" provinsi="Jambi" style="card"]

Related Articles

Back to top button
>

Dapatkan Berita Update "KERINCI TIME" Terbaru Setiap Harinya

Close
Close