HukumJambi

5 Warga SAD Divonis 5 Bulan Penjara Terkait Terlibat Kasus SMB

Kerincitime.co.id, Berita Jambi – Majelis hakim Pengadilan Negeri Jambi, Arfan Yani, menjatuhkan hukuman penjara terhadap 5 terdakwa kasus pengerusakan dan pengeroyokan oleh kelompok Serikat Mandiri Batanghari (SMB).

Kelima terdakwa adalah warga Suku Anak Dalam (SAD), yang dikenakan pasal tentang kepemilikan senjata rakitan. Mereka adalah Pitunda, Sumi, Bujang putih, Nyandang, Betilas, yang didampigi penasehat hukumnya Romel.

“Menimbang bahwa para terdakwa telah terbukti memiliki senjata tajam, dan senjata api rakitan,” kata Hakim Arfan Yani, dilansir Brito.id media partner Kerincitime.co.id, Senin (16/12/2019).

Dengan demikian, menurut majelis, para terdakwa layak mendapati hukuman.

“Yang memberatkan perbuatan terdakwa menimbulkan keresahan. Sedangkan yang meringankan, terdakwa menyesali perbuatannya,” katanya.

Baca juga:  M Nuh Tak Menyangka Bayar Rp 2,5 M, Dia Pikir Menang Undian Motor Jokowi

Para terdakwa pun dijatuhi hukuman ringan, yakni 5 bulan penjara.

“Menjatuhkan hukuman penjara kepada para terdakwa masing-masing selama 5 bulan. Menetapkan masa penahanan yang telah dijalani dikurangi sepenuhnya. Dan membebankan kepada terdakwa membayar biaya perkara sebesar 5 ribu rupiah,” sebut Yakin Arfan Yani.

Dengan putusan ini, majelis hakim memberikan waktu selama 1 minggu, untuk terdakwa maupun jaksa menyatakan sikap pikir-pikir. (Irw)

Tags
[nug_data_corona data="indonesia" provinsi="Jambi" style="card"]

Related Articles

Back to top button
>

Dapatkan Berita Update "KERINCI TIME" Terbaru Setiap Harinya

Close
Close