Hukum

APMK Tantang KPK Usut Kasus Korupsi Murasman

Kerincitime, Kerinci -Koordinator Aliansi Pemuda Mahasiswa Kerinci (APMK) mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menindaklanjuti dugaan korupsi yang dilakukan Bupati Kerinci H Murasman beserta kroninya. Hal ini disampaikan Koordinator APMK, Oktafiandi via ponsel kepada Kerincisungaipenuh.com, Sabtu (6/7).

“APMK mendapatkan bukti korupsi yang dilakukan Murasman Bupati Kerinci, dalam dua bundel berkas berikut CD. Maka kami minta KPK segera usut kasus korupsi tersebut,” desak Oktafiandi.

Dalam dua bundel berkas tersebut diketahui Bupati Murasman terlibat korupsi dana bencana alam Gempa Kerinci tahun anggaran 2010 sebesar Rp 104 miliar. Selain itu, Murasman juga terindikasi terlibat korupsi penetapan lokasi ibukota Kabupaten Kerinci di Bukit Tengah, Kecamatan Siulak.

Baca juga:  2 Tersangka Pembunuh Wartawan Tertangkap

“Dalam kasus dana bencana alam, Murasman terbukti telah melakukan rekayasa teknis anggaran dana bencana sehingga mengakibatkan kesalahan dalam pengalokasian.Selain itu, Murasman juga telah mengakali pemerintah pusat hingga lahirlah Keputusan Bupati Kerinci No. 135.5/Kep.230/2010 tentang Penetapan Lokasi Ibukota Kabupaten Kerinci di Bukit Tengah, Kecamatan Siulak, Kabupaten Kerinci tanggal 8 Juni 2010,” imbuhnya.

Keputusan itu menyebabkan pemerintah pusat mengeluarkan Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 2011 tertanggal 18 April 2011 tentang pemindahan lokasi ibukota Kabupaten Kerinci menjadi Kecamatan Siulak yang diteken Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Alasan Murasman, masyarakat menghibahkan tanah 300 hektare untuk Bukit Tengah dan pada kenyataannya masyarakat merasa tertipu karena tak satupun janjinya direalisasikan. Kebun masyarakat sudah dibabat habis, namun hak masyarakat tak diberikan,” ungkapnya.

Baca juga:  Ternyata! Hasil Begal ABK Untuk Buat Sabu dan Judi

“Kami mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk segera mengusut tuntas kedua kasus ini secara serius dan mengadili Bupati Kerinci, Murasman serta kroni-kroninya. Kedua kasus ini sudah layak mendapat perhatian serius KPK,” demikian Okta.

Senin lalu, AMPK telah menyerahkan bukti korupsi yang dilakukan Murasman Bupati Kerinci, Murasman dalam dua bundel berkas berikut CD. (kerincisungaipenuh.com)

Tags

Related Articles

Berikan Komentar Anda :

avatar
  
smilegrinwinkmrgreenneutraltwistedarrowshockunamusedcooleviloopsrazzrollcryeeklolmadsadexclamationquestionideahmmbegwhewchucklesillyenvyshutmouth
  Subscribe  
Notify of
Back to top button

Dapatkan Berita Update "KERINCI TIME" Terbaru Setiap Harinya

Close
Close