Dirjen Pemberdayaan Sosial Kemensos RI terima kunjungan Direktur Kopsad

Kerincitime, Jakarta – Dirjen Pemberdayaan Sosial Kementerian Sosial Republik Indonesia   Drs.Hartono Laras,M.Si  didampingi Direktur Pemberdayaan Komunitas  Adat Terpencil (KAT) Marsali ,SH, Rabu 11/12-2013 di ruang kerjanya  jalan Salemba Raya Nomor 28 Jakarta Pusat menerima kunjungan  Direktur Eksekutif Kopsad Budhi VJ Rio Temenggung Tuo.

Dalam kunjungan silaturahmi itu Budhi VJ Rio Temenggung juga melaporkan berbagai program pembinaan dan pemberdayaan komunitas adat terpencil (suku anak dalam) di sejumlah lokasi  di pedalaman Propinsi Jambi termasuk  program CSR yang dilakukan oleh PT.Kresna Duta Agro Inco (PT.SMART.Tbk) Jakarta yang telah membantu pembangunan 17 unit rumah dan 1 unit lembaga pendidikan PAUD SAD tradisional di  kawasan desa Mentawak kecamatan Nalo Tantan Kabupaten Merangin.

Dalam laporannya kepada Dirjen Pemberdayaan Sosial RI, aktifis bertubuh subur itu juga  melaporkan  sejumlah kegiatan pendampingan  dan pemberdayaan yang dilakukan oleh para RelawanKopsad.

Menariknya Budhi VJ Rio Temenggung juga menyampaikan informasi tentang  seorang putra Suku Anak Dalam dari kawasan Makekal Tanah Garo yang berhasil menyelesaikan pendidikan SMA dan saat ini melanjutkan pendidikan  ke  perguruan Tinggi Negeri (UNJA) Program Studi PGSD.

Pemuda SAD Irman Jalil  atau lebih dikenal dengan nama Besudut, merupakan orang rimba pertama di kawasan Makekal Tanah garo yang  menjadi mu’alaf dan melanjutkan pendidikan hingga keperguruan tinggi Universitas negeri Jambi.

Sekitar 10 Tahun yang lalu Besudut bersama  sahabatnya Ejam   didampingi Rahman Kanyak warga Rantau Panjang  mendatangi LSM Kopsad,kedua  bocah bocah rimba itu meminta  Kopsad untuk memfasilitasi  pengislaman mereka.

Bersama sama  aktifis Pengurus Cabang Himpunan Mahasiswa Islam (HMI)  dan Kohati Cabang Bangko  kedua anak anak pedalaman Jambi itu di khitan lansung oleh Kepala Puskesmas Rantau Panjang yang saat itu di jabat dr. H.Mahmulsyah Munte, sedangkan acara pengislaman dilakukan di Masjid Rantau panjang disaksikan lansung oleh Wakil Bupati Merangin  yang saat itu di jabat oleh Drs.H.Ubay Ali  dan dihadiri sejumlah ulama,tokoh adat dan sejumlah Pejabat Kabupaten Merangin dan Kecamatan  Tabir.

Belakangan karena  rindu dengan hutan yang semakin tak rimbun lagi, dan karena panggilan sang pujaan hati, Pemuda SAD Ejam kembali masuk hutan menikah dengan pujaan hatrinya dan kembali melangun di hutan TNB 12 ,sementara  Besudut alias Irman Djalil tetap di luar hutan melanjutkan pendidikan hingga SMA dan pada tahun 2013 Besudut berhasil  menjadi pemuda SAD pertama yang memasuki perguruan Tinggi-Universitas Negeri Jambi

Budhi VJ Rio Temenggung juga melaporkan  ada 2 orang tokoh (Temenggung) SAD yang paling berpengaruh di kawasan TNB 12 yang telah  menunaikan ibadah Haji, kedua mantan temenggung itu ialah Temenggung Birin alias Helmi dan Temenggung Tarib alias Muhamad Jailani,kedua tokoh SAD itu saat ini bersamakerabatnya  bermukim secara tetap di pemukiman SAD Bukit Suban dan pemukiman SAD Pematang Kabau yang dibangun oleh Kopsad dengan bantuan Menteri PDT RI , Menteri Sosiaal dan PT.Kresna Duta Agro Indo ( PT/SAMART.Tbk) Jakarta.

Dirjen Pemberdayaan Sosial Drs.Hartono Laras,M.Si  menyambut baik dan memberikan apresiasi yang sungguh sungguh  kepada Kopsad yang telah membantu Pemerintah dalam membina  suku anak dalam di PropinsiJambi.

Hartono Laras berharap agar upaya yang telah dilakukan oleh kopsad untuk terus didukung,dan hartono laras berharapagar perusahaan perusahaan perkebunan yang ada di sekitar pemukiman SAD untukmemberikan kepedulian dengan menyalurkan dan CSR.

Masalah Suku anak dalam merupakan masalah sosial yang harus diselesaikan secara bersama  dengan melibatkan semua pihak terutama masyarakat sekitar,pengusaha pengusaha yang ada di sekitar pemukiman SAD termasuk Pemerintah Daerah.( Budhi.VJ)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Apa Komentar Anda Tentang Artikel Ini?

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful