HTK: Saya Juga Seorang Tani, Saya Tahu Bagaimana Rasanya Jadi Petani

Kerincitime.co.id, Berita Kerinci – H. Tafyani Kasim (HTK) atau yang lebih akrab disapa Ujang mengungkapkan bahwa dirinya adalah petani dan berasal dari keluarga petani, hingga saat inipun dirinya juga masih aktif bergelut dengan dunia pertanian.

Dirinya menuturkan bahwa semenjak kecil ia telah akrab dengan dunia pertanian,  mulai dari bekerja di sawah  hingga bekerja di ladang sekalipun  sering ia lakoni untuk membantu ayahnya yang juga berprofesi sebagai petani disamping profesi beliau yang juga sebagai guru agama.

“Saya tahu rasanya jadi petani karena saya juga seorang petani, semenjak saya SD dulu, saya sudah terbiasa bekerja di sawah maupun di ladang mulai dari mencangkul, merambah, menyemai, menyiam hingga menuai telah sering saya lakukan. Setiap pulang sekolah saya selalu berangkat ke sawah atau ke ladang guna membantu orang tua saya yang juga bekerja disana, apa lagi saat itu ibu saya sudah meninggal dunia ketika saya masih berusia 8 tahun sehingga untuk bekerja di sawah maupun di ladang harus dilakoni oleh ayah saya sendiri, hal inilah yang membuat saya bertekad harus membentuk beliau agar kebutuhan ekonomi keluarga bisa terbantu” Tuturnya.

Saat dirinya mengikuti kegiatan gotong royong serentak untuk memperbaiki jalur jalan menuju ladang warga  yang berlokasi di Danau Padang Desa Jujun beberapa waktu lalu,  H. Tafyani Kasim yang saat ini menjabat sebagai ketua PW Gerakan Nelayan Tani Indonesia (GANTI) Provinsi Jambi juga menyempatkan dirinya untuk meninjau ladangnya yang berlokasi tidak terlalu jauh dari lokasi tersebut.

Saat itu H. Tafyani Kasim seolah disambut hangat oleh tanaman Jeruk manis yang menjadi tanaman unggulan di kebunnya disamping ditanamnya tanaman palawija seperti kacang merah dan kacang tanah  yang hampir siap untuk dipanen, pohon manggis dan durian yang masih dalam perawatan selain itu juga terdat tanaman cabai rawit yang juga akan siap dipanen beberapa Minggu ke depan. Ladang H. Tafyani Kasim di areal tersebut memiliki ukuran yang cukup luas sehingga tanaman di ladang tersebut bisa ditanam secara bervariasi luas lahan tersebutk kurang lebih 6 hektar  persegi dan 3 hektar diantaranya masih belum digarap.

Untuk membantu pekerjaan ladang tersebut,  H. Tafyani Kasim yang saat ini disibukkan oleh aktivitasnya  sebagai seorang pengusaha  dan calon legislatif (Caleg) DPR-RI Dapil Provinsi Jambi Partai PDI Perjuangan nomor urut 4 dibantu oleh Saraben dan Osmaneli yang bertugas merawat ladang tersebut.

Bagi H. Tafyani Kasim, berkunjung ke ladang adalah sebuah nostalgia yang mengingatkan dirinya dengan kisah masa kecil dan remajanya yang akrab dengan dunia pertanian. (adv/son)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Berita Terkait By Google News

Apa Komentar Anda Tentang Artikel Ini?

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful