Kerinci Diguyur Hujan Es

Hujan Es di Kerinci

Hujan Es di Kerinci

Kerincitime.co.id, Berita Kerinci – Desa Pendung Talang Genting (Pentagen), Kecamatan Danau Kerinci Kabupaten Kerinci diguyur hujan Es disertai angin kencang Selasa 09/07/2019.

Informasi yang dihimpun, hujan es disertai angin kencang terjadi sekitar pukul 15.00 WIB, akibatnya satu rumah milik warga setempat rusak.

“sore tadi, ada angin kencang dan hujan Es, sekitar lebih kurang 10 menit” ungkap Renal kepada kerincitime.co.id.

Warga setempat kaget dengan suara hujan yang keras jatuh di atap rumah warga, “saat hujan, kami terkejut mendengar suara hujan keras sekali, ternyata ada butiran es berjatuhan di depan rumah” ungkapnya.

Hujan es yang melanda Kerinci, disebabkan adanya awan comulonimbus (CB) yang susah diprediksi.

Hal ini diungkapkan oleh Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geo Fisika (BMKG) Kerinci, Mardiansyah.

“hujan es biasanya terjadi di suatu daerah yang sangat lokal, durasinya juga singkat, dengan durasi tujuh sampai 12 menit. Syarat terjadinya hujan es, adalah adanya awan CB,”katanya, Selasa 9/7.

Sama halnya dengan angin puting beliung, yang juga terjadi akibat adanya awan CB. “Ini terjadi lantaran ada awan CB dengan tinggi dasar awan yang sangat dekat dengan permukaan tanah, dan di bawah awan, suhu udaranya sangat dingin,”ucapnya.

Dengan demikian, awan CB yang merupakan kristal yang mulai jatuh sebagai hujan, akibat dorongan angin kencang dari awan CB tidak sempat mencair.

“Di bawah permukaan awan juga dingin, sehingga butir es tersebut jatuh ke permukaan tanah. Ini terjadi pada musim peralihan, saat ini peralihan musim hujan ke musim kemarau,”katanya lagi. (red)

 

 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Berita Terkait By Google News

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful