Nasional

Komjen Firli Dimutasi dari Jabatan Kabaharkam Menjelang Jadi Ketua KPK

Kericitime.co.id, Berita Jakarta – Komjen Firli Bahuri sebentar lagi akan dilantik menjadi Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Jumat (20/12/2019) nanti. Menjelang itu, Firli dirotasi dari jabatannya sebagai Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri menjadi Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri pada Senin (16/12/2019) hari ini.

Sementara jabatan yang ditinggalkan Firli diisi oleh Irjen Agus Andrianto yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Sumatera Utara.

Upacara serah terima jabatan yang dipimpin oleh Kapolri Jenderal Idham Azis tersebut sesuai dalam surat telegram Kapolri Nomor ST/3229/XII/Kep/2019 tertanggal 6 Desember 2019.

Meski demikian, eks Kapolda Sumatera Selatan tersebut irit bicara ihwal pelantikannya sebagai Ketua KPK. Firli hanya menyebut, jabatan sebagai Ketua lembaga antirasuah itu merupakan pekerjaan masyarakat yang mengabdi pada bangsa dan negara.

Baca juga:  Tak Mau Lockdown Karena Pemerintah Enggan Santuni Orang Miskin

Pelantikan kan masih lama tanggal 20 (Desember). Itu pekerjaan masyarakat, mengabdi pada bangsa dan negara,” ujar Firli di Gedung Bareskrim Polri, dilansir dari laman Suara.com jaringan Jambiseru.com media partner Kerincitime.co.id.

Total sebanyak 13 Pejabat Tinggi atau Pati Polri mengikuti upacara serah terima jabatan tersebut. Salah satunya, Irjen Listyo Sigit Prabowo.

Listyo yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri, kini menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri.

Jabatan yang ditinggalkan oleh Listyo kekinian diisi oleh Brigjen Ignatius Sigit Widiatmono.

Selanjutnya, Brigjen Herry Rudolf Nahak yang sebelumnya menjabat Kapolda Papua Barat, dimutasi sebagai Asops Kapolri. Untuk posisi Kapolda Papua Barat diisi oleh Brigjen Tornagogo Sihombing yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Tindak Pidana Khusus Bareskrim Polri.

Baca juga:  MUI Usulkan Total Lockdown Pakai Dana Ibu Kota Baru

Lalu ada Irjen Ahmad Dofiri yang sebelumnya menjabat Kapolda Daerah Istimewa Yogyakarta, dimutasi sebagai Aslog Kapolri. Untuk penggantinya diisi oleh Irjen Asep Suhendar yang sebelumnya menjabat sebagai Aslog Kapolri.

Kemudian, Irjen Toni Harmanto yang menjabat Widyaiswara Sespim Lemdiklat Polri diangkat sebagai Kapolda Sumatera Barat. Sementara Irjen Fakhrizal dari Kapolda Sumatera Barat dimutasi sebagai Analisis Kebijakan Utama Bidang Sabhara Baharkam Polri.

Kapolda Sulteng Irjen Lukman Wayu Hariyanto dimutasi sebagai Analisis Kebijakan Utama Bidang Sabhara Baharkam Polri. Brigjen Pol Syafril Nursal yang sebelumnya menjabat Kasespimma Sespim Lemdiklat Polri diangkat sebagai Kapolda Sulteng. (Irw)

Tags

Related Articles

Berikan Komentar Anda :

avatar
  
smilegrinwinkmrgreenneutraltwistedarrowshockunamusedcooleviloopsrazzrollcryeeklolmadsadexclamationquestionideahmmbegwhewchucklesillyenvyshutmouth
  Subscribe  
Notify of
Back to top button

Dapatkan Berita Update "KERINCI TIME" Terbaru Setiap Harinya

Close
Close