Merangin

Kronologis dan Keterangan BKSDA Terkait Warga Merangin Tewas Diterkam Harimau

Kerincitime.co.id, Berita Merangin – Seorang warga Desa Guguk, Kecamatan Renah Pembarap, Kabupaten Merangin, bernama Rosdin (33)  tewas diterkam harimau, Sabtu (25/09/2021) lalu.

Terkait itu Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi sudah turun ke lokasi, melakukan pengamatan dan mengumpulkan data-data terkait kejadian nahas tersebut.

Kepala KSDA Merangin, Udin Ikhwanudin mengatakan lokasi kejadian di Batu Tunggal, Desa Lubuk Beringin, Kecamatan Muara Siau.

Tempat kejadian perkara (TKP) berbatasan langsung dengan batas desa Guguk, Kecamatan Renah Pembarap. Lokasi tersebut berada di batas Hutan Produksi (HP) dan berbatasan langsung dengan Hutan Adat.

“Lokasi dapat ditempuh dari desa Guguk dengan naik perahu bermesin atau ketek. Selain itu juga bisa ditempuh dari Desa Lubuk Beringin dengan menggunakan sepeda motor,” kata Udin Ikhwaludin, Selasa (28/09/2021).

Kronologis kejadian ini berawal korban bersama Hadi berangkat Sabtu (25/09/2021) ke lokasi kejadian untuk mendulang emas.

Lalu sekira pukul 20.00 hingga 22.00 WIB dua orang tersebut beristirahat di pondok darurat tanpa dinding beratap terpal. Pondok mereka terpisah kurang lebih 50 meter dari pondok pekerja lainnya. Di sekitar lokasi terdapat sekitar 25 orang pekerja yang mayoritas berasal dari daerah Muara Siau.

“Korban diterkam harimau saat istirahat malam, dimana persisnya saat itu korban sedang terbangun dan rekannya Hadi sedang tertidur,” ujarnya.

Udin Ikhwaludin mengatakan korban diterkam harimau di bagian leher dan sempat ditarik sejauh 6 hingga 7 meter.

“Pada saat momen tersebut, warga berusaha mengusir harimau dengan cara melempar dengan benda keras yang ada, namun harimau tidak mau melepaskan korban,” katanya.

“Korban baru bisa berhasil dievakuasi dengan menggunakan alat berat excavator. Namun Harimau masih sempat mengikuti alat berat tersebut ke dekat sungai,” tambah Udin Ikhwaludin lagi.

Udin Ikhwaludin mengatakan dilihat dari jejaknya, harimau tersebut berukuran besar sekira 2,5 meter.

“Dari jejaknya cuma satu ekor harimau disitu, harimau besar, harimau dewasa, ukurannya 2,5 meter,” sebutnya. (Irw)

Sumber: Pariwarajambi.com

Show More
Back to top button
>